BERITABETA.COM, Ambon - Buah kelapa muda masih jadi menu andalan alias sangat dimintai warga di kota Ambon, Provinsi Maluku, untuk santapan berbuka puasa.

Pantauan beritabeta.com Minggu (18/04/2021), para pedagang tampak ramai menjajakan buah kelapa muda di sepanjang Trotoar kawasan Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau maupun Waihaong, Kelurahan Silale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Warga banyak yang antri untuk membeli kelapa muda menjelang waktu berbuka puasa di kota bertajuk manise itu.

Abu (45), pedagang buah kelapa warga Kampung Tomia, Kelurahan Pandan Kasturi bersama Sita mengaku, sudah lima hari berjualan kelapa muda di bulan Ramadhan ini pembelinya adalah masyarakat (umat islam) yang hendak berbuka puasa.

"Sejak lima hari kelapa muda yang saya jual laris terjual mencapai 350 hingga 400 buah setiap hari. Harga Rp10.000 per buah. Saya tetap layani dengan harga yang sama. Maksudnya tidak ada bayaran tambahan kalau ada pembeli yang minta untuk buah kelapanya dibelah untuk mengeluarkan dagingnya maupun yang langsung membawa pulang,”jelasnya.

Ditanya soal pasokan, Abu mengaku dia memperoleh kelapa muda dari Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, dimana membelinya dari pemilik kelapa seharga Rp6.000/buah, kemudian ia pasarkan dengan harga Rp10.000/buah.

"Kami jual dari sore hari hingga malam. Kalau stok kelapa muda dari Desa Suli mulai berkurang akan didatangkan dari Pulau Seram, dan ini sudah berlangsung dari tahun ke tahun," jelasnya.

Sementara itu, salah satu pembeli kelapa muda, Rahman (36), mengaku sejak hari pertama hingga hari kelima bulan puasa, selalu menjadikan buah kelapa sebagai menu untuk berbuka puasa.

"Di rumah ada lima orang. Biasanya saya langsung minta penjual membelah buah kelapanya, sekaligus mengeluarkan daging dan airnya dimasukkan ke tas plastik kemudian saya bawa pulang ke rumah,” jelasnya.

Diakuinya, buah kelapa yang dibelinya ini akan lebih segar dikonsumsi jika dicampur dengan sirup dan susu. (BB-YP)