BERITABETA.COM, Ambon – Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud) Pattimura Kolonel Pnb Andreas Dhewo, meninjau lokasi dan memberi bantuan kepada para korban terdampak bencana tanah longsor di Dusun Wailawa II, Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku, Selasa (13/07/2021).

Bencana tanah longsor di Dusun Wailawa II itu terjaddi akibat hujan deras yang mengguyur kota Ambon, Minggu (11/07/2021). Longsor menghantam tiga rumah warga (bagian dapur) rusak, tertimbun material tanah longsor. Air bercampur tanah masuk di tiga rumah warga itu.

Empat kepala keluarga (KK) terdampak tanah longsor di kawasan ini masing-masing, Dion Mango (35), Yopi Tanihatu (55), Yuliana Pormes (42), dan Jordi Haumahu (22).

Saat meninjau lokasi dan para korban terdampak bencana longsor, Danlanud Pattimura didampingi Kabinpotdirga Mayor Tek Jemy von Bulow dan para Babinpotdirga Lanud Pattimura.

Disela-sela tinjauannya, Danlanud Pattimura memberi semangat dan motivasi kepada para korban terdampak tanah longsor.

“Beruntung bencana longsor ini tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya Saja kerugian materiil berupa tiga unit rumah roboh dari bagian belakang (dapur) yang menempel dekat bukit,” ungkap Danlanud.

Sesuai keterangan Firkopong, pendamping pemuda warga Dusun Wailawa II menjelaskan, longtsor terjadi pada Minggu sekira pukul 20.30 WIT, akibat hujan sangat deras. Akibatnya, lanjut dia, material tanah di atas bukit longsor dan menghantam tiga rumah milik empat KK hingga ambruk pada bagian dapur.

Akibat material air dan tanah masuk ke rumah, untuk sementara waktu para korban tinggal di rumah-rumah kosong milik tetangga sekitar lokasi.

“Untuk sementara bantuan dari Lanud Pattimura berupa selimut berjumlah 14 buah dan 100 karung, digunakan sebagai tanggul penahan air dan tanah. Selanjutnya, Lanud Pattimura siap bantu dengan dukungan truk, dan apabila nanti ada yang kurang segera melapor ke Babinpotdirga (Laha) Lanud Pattimura,” ujar Danlanud Pattimura.

Untuk mengantisipasi bencana, menurut Danlanud, para Bintara Pembina Potensi Dirgantara Lanud Pattimura sebagai bagian dari pembinaan teritorial yang bersinergi bersama masyarakat, selalu menghimbau agar warga teritorial binaannya tetap waspada dan pada saat musim penghujan tiba untuk selalu mengantisipasi adanya potensi bencana alam khususnya longsor.

Para warga yang terkena dampak bencana tanah longsor di Dusun Wailawa II, Desa Laha itu, tampak antusias dengan kedatangan Danlanud Pattimura beserta jajaran ke lokasinya.

Mereka berterimakasih kepada Lanud Pattimura khususnya Danlanud Pattimura yang telah mendatangi sekaligus memberi bantuan kepada mereka, korban terdampak tanah longsor. (BB-RED)