BERITABETA.COM, Ambon – Keputusan mantan Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tengah Ibrahim Ruhunussa hijrah dari Partai Gerindra dan gabung bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP sudah bulat. Statusnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Maluku Tengah periode 2019-2024, juga rela di PAW oleh partai Gerindra.

Hal tersebut disampaikannya kepada Beritabeta.com melalui WhatsApp Minggu malam, (07/08/2022).

Ibrahim menjelaskan, keputusannya untuk hijrah alias hengkang dari partai Gerindra dan bergabung dengan partai berlambang Banteng Moncong Putih alias Wong Cilik, hal itu sudah dipetimbangkannya sejak jauh hari. Pilihan politik ini sudah bulat.

“Ini pilihan politik pribadi, dan bukan karena desakan, paksaan dari pihak manapun,” tegasnya.

Mengenai Pergantian Antar Waktu atau PAW selaku anggota DPRD Kabupaten Maluku (Malteng), hal tersebut di serahkan sepenuhnya ke partai Gerindra untuk memprosesnya sesuai mekanisme UU.

“Karena saya bukan lagi kader partai Gerindra. Insya’Allah saya akan mengajukan permohonan. Dan kalau disetujui untuk bergabung dengan PDI-P, ini bagian dari konsisten saya untuk meninggalkan pak Hendrik dan kawan-kawan yang hebat,” tuturnya.

Ia memberi waktu jika sampai September 2022 proses PAW belum final, maka hal tersebut akan disampaikannya secara tertulis pada 9 September, atau bertepatan dengan satu hari akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Malukun Tengah.

Saat itu, dirinya sudah tidak akan menerima hak berupa gaji dan apapun selaku anggota DPRD Maluku Tengah.