BERITABETA.COM, Ambon  –  Indonesia disebut bakal memiliki masa depan yang cerah di dunia sepak bola. Harapan ini memang tidak gampang namun potensinya terbuka, menyusul banyak ditemukan pemain-pemain muda asal tanah air yang  berkiprah di dunia sepak bola benua biru (Eropa). Terdapat dua pemain keturunan Indonesia yang disebut sebagai The Next Lewandowski dan Messi Maluku.

Kehadirian kedua sosok ini, banyak memberi harapan masa depan Timnas Indonesia akan gemilang.  Meski,  sebelum virus corona menyerang, sepak bola Indonesia sudah berada dalam situasi titik nadir. Bagaimana tidak, negara sepak bola yang katanya macan Asia itu malah babak belur di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Bermain dalam 5 laga awal, Timnas Indonesia selalu jadi bulan-bulanan dengan hobi menelan kekalahan. Semuanya menjadi sangat suram untuk Timnas Indonesia meski kini sudah ada pelatih baru bernama Shin Tae-yong, tapi bukankah ia pun juga belum membuktikan apapun?

Terlepas dari apakah Shin Tae-yong adalah sosok tepat untuk mengangkat Timnas Indonesia dari kubangan lumpur atau tidak, sesungguhnya masa depan kita cukup cerah. Hal itu dikarenakan Timnas Indonesia punya The Next Lewandowski dan Messi Maluku. Hal ini bisa terjadi,  bila kedua sosok ini mampu digaet Timnas Indonesia untuk menjadi punggawa Timnas dimasa mendatang. Lalu siapa mereka?

The Next Lewandowski

Dikutip beritabeta.com dari www.indosport.com, sosok yang disebut The Next Robert Lewandoski adalah Jim Croque. Bomber berusia 15 tahun ini bernama lengkap Jim Roberto Croque. Jim  memiliki latar belakang keluarga campuran Indonesia dan Belanda.

Dalam media sosialnya, Jim Croque menjelaskan tentang asal usul darah Indonesia yang ia miliki. Jim Croque dengan bangga menuliskan di bio akunnya dengan tulisan ‘Jawa Asli’.

Dengan kata lain, Jim Croque berkesempatan untuk membela Timnas Indonesia suatu hari nanti. Andai Jim Croque mampu memenuhi potensi dari bakat terpendamnya, tentu Timnas Indonesia akan merasakan keuntungan yang sangat besar.

Pasalnya di usia 15 tahun saja, Jim Croque sudah menunjukan kalau ia akan berkembang menjadi pemain besar. Mulai dari kemampuannya untuk bermain sebagai penyerang tengah dan winger hingga gaya mainnya yang mirip dengan Lewandowski.

Menjadikan striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski, membuat gaya main dari Jim Croque sedikit menyerupai bomber Polandia itu. Apalagi Jim Croque merasa kalau ia bisa lebih baik dibanding dengan Lewandowski dari sisi kecepatan.

“Saya adalah tipe pemain seperti Lewandowski, tapi dengan versi lebih cepat. Lewandowski adalah idola saya,” ujar Croque kepada INDOSPORT pada Maret lalu.

Kini, Jim Croque masih berstatus sebagai anggota tim amatir Belanda, BFC Youth. Akan tetapi pada Juli nanti, ia diketahui akan segera bergabung dengan Vitesse Arnhem, sebuah kemajuan karier yang cukup signifikan.

Messi Maluku

Tak hanya memiliki The Next Lewandowski, Timnas Indonesia juga punya sesosok yang mendapat julukan sebagai Lionel Messi berdarah Maluku. Pemain tersebut bernama Xiamaro Thenu yang mendapatkan julukan Messi Maluku.

Setali tiga uang dengan Jim Croque, Xiamaro Thenu ternyata juga mendapat kontrak dari Vitesse Arnhem untuk musim depan. Untuk saat ini, Xiamaro Thenu diketahui tergabung bersama SV Houten hingga Juli mendatang.

Meskipun baru berusia 15 tahun, tetapi potensi dari bakat terpendamnya untuk menjadi pemain serpak bola profesional sangatlah besar. Bermain sebagai sayap kanan dan gelandang serang, Xiamaro Thenu punya kaki kiri yang lihai dalam menggiring bola hingga banyak yang menyandingkannya dengan Messi.

“Saya pemain dengan kaki kiri, beberapa orang kerap membandingkan saya dengan Messi,” cerita Xiamaro Thenu kepada INDOSPORT.

Tentu saja jika Xiamaro Thenu bisa berkembang menyerupai Lionel Messi, dapat menjadi sebuah keuntungan bagi Timnas Indonesia. Langkah itupun bisa saja terwujud mengingat Xiamaro Thenu memiliki darah Maluku.

“Benar, saya punya darah keturunan Maluku,” ungkapnya ketika diminta untuk mengkonfirmasi kalau ia memang berdarah Maluku.

Xiamaro Thenu, jadi bomber bernuansa Eropa pertama yang mungkin dimiliki Timnas Indonesia. Posisinya sebagai winger, mungkin akan sangat berguna bagi daya gedor Skuat Indonesia dari sisi sayap.

Nama Xiamaro Thenu merupakan pemain keturunan Maluku yang mulai musim depan berkarier untuk klub top Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem. Sebelum gabung Vitesse, Xiamaro yang baru berusia 15 tahun, juga sudah mendapat pengalaman menimba ilmu bersama beberapa akademi sepak bola Belanda lainnya.

“Saya memulai karier saya di SV Houten sejak berusia delapan tahun,” ujar Xiamaro Thenu ekslusif kepada INDOSPORT.

“Saya pernah bermain FC Utrecht selama lima tahun, selanjutnya pindah ke SV Houten dua tahun terakhir ini, dan musim depan gabung Vitesse,” tutur Xiamaro Thenu.

Xiamaro Thenu mengandalkan kekuatan kaki kirinya dalam menggiring bola, dan banyak yang membandingkan permainannya mirip seperti Lionel Messi.

“Saya pemain kaki kiri, beberapa orang kerap membandingkan saya dengan Messi,” kata Xiamaro Thenu.

Pada akhirnya baik itu Jim Croque ataupun Xiamaro Thenu sama-sama harus menimba ilmu sebanyak-banyaknya di Vitesse Arnhem lebih dulu guna membuktikan julukan Lewandowski dan Messi yang melekat pada mereka memang benar adanya.

Jika Jim Croque dan Xiamaro Thenu mampu memenuhi potensinya, maka masa depan Timnas Indonesia pasti bakal cerah karena punya penerus Lewandowski dan Messi (BB-DIP)

Sumber : www.indosport.com