BERITABETA.COM – Stadion Krestovsky, Saint-Petersburg, Rusia pada Sabtu 3 Juli 2021 pukul 02.00 WIB akan menjadi ajang baku hantam dua tim raksasa Eropa di perempatfinal Piala Eropa 2020.

De Rode Duivels (julukan Belgia) akan berhadapan dengan Gli Azzurri (Timnas Italia). Seperti apa pertarungan kedua tim ini?

Belgia punya catatan yang menarik untuk disimak.  Tercatat 14 kali pertandingan mulai dari kualifikasi  De Rode Duivels’ menyapu bersih dengan kemenangan.

Penampilan yang memukau ini, membuat banyak pengamat memprediksi tim asuhan Roberto Martínez ini berpeluang  meraih trofi pertamanya di Piala Eropa 2020.

Hal itu wajar karena Belgia memiliki para pemain bintang yang disebut-sebut sebagai generasi emas.

Dari sisi prestasi, Belgia dalam beberapa tahun terakhir ini juga menempati peringkat satu FIFA. Sayangnya, Romelu Lukaku dkk belum bisa meraih satu pun trofi internasional.

Harapan Belgia mungkin akan berat saat jumpa  dengan Italia yang dikenal lebih mengandalkan kerja sama tim untuk memenangkan pertandingan. Ini membuat Belgia harus ekstra hati-hati.

Seperti Belgia, Italia pun memenangkan 14 pertandingan mereka di Piala Eropa 2020. Hal itu menandakan Italia telah bangkit dari keterpurukan.

Italia sempat terpuruk di Piala Dunia 2018 karena tidak lolos ke putaran final. Padahal, Gli Azzurri  merupakan tim dengan gelar juara Piala Dunia terbanyak kedua.

Italia kembali menemukan tajinya di bawah asuhan Roberto Mancini. Mancini memimpin Italia tidak terkalahkan dalam 31 pertandingan terakhir dengan rincian 26 kali menang dan lima kali imbang.

Meski sama-sama digdaya di Piala Eropa 2020, Italia lebih unggul ketimbang Belgia dalam rekor pertemuan. Kedua tim besar Eropa itu sudah 22 kali bertemu dengan rincian Italia menang 14 kali, imbang empat kali, dan Belgia empat kali meraih hasil positif.

Dalam lima pertamuan terakhir, Belgia menang dua kali dan Italia tiga kali mengalahkan De Rode Duivels. Jika menilik pada beberapa pertemuan terakhir, Belgia selalu merepotkan Italia.

Italia pun bisa menurunkan para pemain terbaiknya saat melawan Belgia. Sayangnya, Belgia tidak seberuntung Italia karena Eden Hazard dan Kevin De Bruyne diragukan tampil akibat cedera.

Meski begitu, pertandingan diprediksi akan berjalan seimbang. Detail kecil akan menentukan hasil akhir pertandingan Belgia kontra Italia. Pertandingan bahkan bisa berakhir di babak adu penalti saat keberuntungan memegang peranan penting.

Prakiraan pemain Belgia vs Italia:

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen, Toby Aldeweirerld; Thomas Meunier, Youri Tielemans, Axel Witsel, Thorgan Hazard; Kevin De Bruyne/Yannick Carrasco, Eden Hazard/Dries Mertens, Romelu Lukaku.

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chielllini, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne (BB-RED)