BERITABETA.COM, Namlea – Dua petani di Desa Waeflan, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Suripto (45) dan Diding Hadi (40), dibacok oleh Manheta Nurlatu alias Sakolit (30) pada Minggu pagi (7/6/2020), sekitar pukul 08.00 WIT.

“Nurlatu alias Sakolit adalah kakak kandung dari Nela Nurlatu, pelaku pembunuhan sadis terhadap tiga orang yang pernah terjadi di Desa Waelikut, Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan tahun 2019 lalu,”

Dilaporkan, pelaku pembacokan yang dipanggil Sakolit ini diketahui warga asal Dusun Waiula, Desa Waemasing, Kecamatan Waesama,  Kabupaten Buru Selatan.

Pelaku pembacokan Manheta Nurlatu alias Sakolit adalah kakak kandung dari Nela Nurlatu, pelaku pembunuhan sadis terhadap tiga orang yang pernah terjadi di Desa Waelikut, Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan tahun 2019 lalu.

Adiknya Nela Nurlatu telah divonis bersalah dengan pidana kurungan badan seumur hidup oleh majelis hakim PN Namlea. Sebelumnya JPU menuntut hukuman mati baginya, karena perbuatannya tergolong sadis.

Korban dan saksi Rifai bersama warga semetempat menurutkan, ciri-ciri pelaku rambut ikal berwarna hitam panjang sebatas telinga, kulitnya sawo matang, tinggi badan kurang lebih 165 CM dengan berat badan  kurang lebih 55 kg.

Saat kejadian, pelaku menggunakan  kaos warna biru lengan pendek dan  celana pendek serta membawa sebilah parang.

Sampai berita ini dikirim, belum diketahui motif dari pembacokan ini, karena pelaku duluan kabur masuk hutan sebelum berhasil ditangkap warga. “Pelaku duluan kabur,”tutur Rifai, salah satu saksi mata yang luput dari aksi brutal Sakolit.

Kasubbag Humas Polres Pulau Buru, Ipda Zulkifli Asri yang dihubungi membenarkan kejadian tersebut.

“Personil kepolisian sedang dikerahkan untuk menemukan dan menangkap pelaku,”jelas Ipda Zulkifli Asri.

Menurut Ipda Zulkifli, aparat kepolisian dibantu TNI AD juga sudah disiagakan di tempat kejadian perkara (TKP) Desa Waeflan dan sekitarnya guna mengantisipasi.

Selanjutnya informasi yang berhasil dihimpun dari korban Suripto  menerangkan, saat itu ia sedang memperbaiki bagian depan pagar rumahnya. Tiba-tiba pelaku muncul dari lahan kosong di sebelah rumah.

Setelah mendekat, Sakolit langsung menebas parangnya dan spontan ditangkis Suripto dengan tangan kanan, sehingga lengannya terluka.

Sakolit lalu melarikan diri menuju ke rumah saksi Rifai yang saat itu sedang mengikat tali jemuran di samping rumahnya. Saksi tidak tahu kalau Sakolit baru saja membacok Suripto.

Saat bertemu Rifai, pelaku berbasa-basi,”Ika tali nilon ka mas?,” dan dijawab Rifai,”Iya, untuk jemuran.”

Pelaku terus mendekat dan berusaha membacok korban. Saksi menghindari bacokan sambil berteriak dan lari ke dalam rumah untuk ambil parang.

Setelah parang di tangannya, saksi Rifai kembali keluar rumah.Tapi pelaku sudah tidak lagi terlihat.

Saksi sempat mendengar teriakan minta tolong dari istri Diding Hadi. Kemudian saksi berlari ke arah rumah Diding Hadi dan mendapatkan tetangganya ini terduduk di depan tv sudah menderita luka bacokan.

Saksi Rifai langsung menolong Diding Hadi dengan berusaha menghentikan pendarahan dari luka temannya itu.

Banyak warga mendengar teriakan minta tolong dari istri Diding Hadi, sehingga mereka berdatangan ke rumah dan ada yang mencoba mengejar pelaku. Namun pelaku sudah duluan kabur masuk hutan di belakang desa.

Dari penuturan Diding dan istrinya, kalau pelaku tiba-tiba masuk ke dalam rumah dan langsung membacok dari belakang leher Diding dan langsung kabur. Korban saat itu sedang menonton tv dan istrinya yang mengetahui kejadian itu langsung berteriak minta tolong .

Korban Diding Hadi mengalami luka sobek akibat sajam di bagian belakang leher kurang lebih 10 cm, dalam 1 cm dan lebar 1/2 cm, serta pendarahan aktif. Dan pada pukul 11.00 WIT di rujuk ke RSUD Namlea  untuk mendapat perawatan medis lebih lanjut.

Sedangkan korban Suripto mengalami luka sobek bagian lengan kanan akibat sajam dengan panjang luka 5 cm ,dalam 1 cm dan lebar 1/2 cm. Saat ini masih di rawat di Puskesmas Desa Waiula, Kecamatan Waelata dalam kondisi sadar.(BB-DUL)