BERITABETA.COM, Saparua - Kios milik salah satu warga Negeri Siri Sori Islam Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, ludes terbakar setelah dilalap api pada Ahad, (05/09/2021) siang.

Api menjalar dengan cepat. Bangunan dan isi kios milik Ahmad Sahupala itu ludes terbakar. Pemilik atau korban juga mengalami luka bakar pada beberapa organ tubuhnya.

Antara lain; tangan dan kaki. Korban lalu dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) Saparua untuk mendapatkan pertolongan medis.

Kebakaran ini membuat panik warga di sekitar lokasi kejadian. Mereka berusaha memadamkan api secara manual dengan air yang diambil dengan ember dari selokan di depan kios tersebut.

Hanya saja, karena ada minyak yang dijual di kios milik korban, api menjalar begitu cepat sehingga membuat warga kewalahan untuk menjinakan amukan “si jago merah”.

Dugaan pemicu kebakaran ini terjadi dari percikan bara api rokok. Percikan api itu kena minyak pada kios. Api langsung merambah ke bangunan kios.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari beberapa warga setempat menerangkan sebelum kebakaran, korban tengah mengisi minyak dari jirigen ke botol untuk dijual.