BERITABETA.COM, Masohi -  Komisi Pemilihan Umum Daerah  (KPUD) Maluku  Tengah menggelar apel siaga Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang dipusatkan di Taman Rawa Kodok Ina Marina, Kota Masohi,  Senin (24/06/2024).

Apel siaga ini dilakukan jelang Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih (Coklit) secara serentak  di seluruh Indonesia dengan melibatkan petugas Pantarlih kecamatan Amahai dan kota Masohi sebagai perwakilan Pantarlih se- kabupaten.

Ketua KPUD Kabupaten Maluku Tengah, Abdul Rahim Lesnussa menyampaikan Coklit adalah salah satu tahapan penting dalam Pilkada 2024. Dikatakan, hal itu untuk mendapatkan data pemilih yang akurat, mutakhir, dan valid.

"Selain meneliti kesesuaian data, Pantarlih dapat memperbaiki elemen data, apabila ditemukan kekeliruan," kata  Lesnussa.

Menurutnya, KPU telah menyiapkan aplikasi E-Coklit sebagai alat bantu dalam pendataan pemilih secara digital dan tersedia juga portal cekdptonline.kpu.go.id yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengecek telah terdaftar sebagai Pemilih.

Ia berharap para petugas Pantarlih dapat melaksanakan tugas secara kolektif. Ia juga menghimbau agar masyarakat dapat berpartisipasi mengecek nama, bila memang belum terdaftar.

“Jangan sampai masyarakat yang punya hak pilih tidak didata. Pastikan dalam Coklit, warga masuk sebagai pemilih,” harapnya.

Coklit akan dimulai secara serentak mulai anggal 24 Juni 2024 hingga 24 Juli 2024 (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky