BERITABETA.COM, Ambon – Pemilihan Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon sebentar lagi akan dilangsungkan. Terdapat lima bakal calon Rektor Unpatti periode 2023-2027 yang dietapkan oleh Senat melalui rapat paripurna di ruang rapat Senat Universitas Pattimura, Jumat (14/7/2023).

Kelimanya telah mengantongi nomor urut dan ditetapkan dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua Senat Unpatti Prof.Dr. S.E.M. Nirahua, SH., M.Hum, didampingi Sekretaris Senat Dr. M. Bugis, M.Si, dan dihadiri panitia pemilihan serta anggota senat.

Kelima bakal calon Rektor ini masing-masing, Wakil Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni) Dr. Yusuf Madubun mendapat nomor 1, nomor 2 Wakil Rektor I (Bidang Akademik) Prof. Fredy Leiwakabessy, M.Si, nomor urut 3Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Prof. Dr. Izaac Wenno.

Kemudian nomor urut 4 Dekan Fakultas Matematika dan Ilm Pengetahuan Alam (FMIPA) Prof. Dr. P. Kakisina, S.Pd. M.S, dan nomor urut 5 Dekan Fakultas Hukum Unpatti, Dr. Rory Jeff Akyuwen, S.H., M.Hum.

Prof.Dr. S.E.M. Nirahua, SH., M.Hum menjelaskan, setelah penetapan, dilanjutkan dengan pengundian nomor urut bakal calon.

"Undian ini dilakukan agar terlihat tidak atas keinginan siapa pun di dalamnya. Jadi, harus transparan dan terbuka,"ujar Nirahua kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Penarikan nomor urut, dilakukan berdasarkan pendaftar pertama yang memasukkan berkasnya hingga pendaftar terakhir.

Setelah itu, masing-masing kandidat mengambil bola yang sebelumnya sudah disiapkan oleh panitia pemilihan rektor di dalam wadah tertutup.

Sesudah diambil, para kandidat membuka bola yang telah ditutup nomornya menggunakan isolasi. Kemudian dibuka dan disaksikan oleh Senat seluruh panitia pemilihan rektor.

“Lima bakal calon akan menyampaikan visi, misi dan program dalam rapat Senamto yang direncanakan berlangsung pada 7 hingga 11 Agustus, serta pemilihan dan penetapan tiga calon pada 14 hingga 18 Agustus (*)

Editor : Redaksi