BERITABETA.COM, Ambon – Cuaca buruk disertai agin kencang yang melanda Pulau Ambon mengakibatkan sebanyak lima maskapai penerbangan gagal menerbangkan lima pesawat dari Bandar Internasional Pattimura, Ambon, Selasa siang (26/7/2022).

Salah satu pesawat yang ditumpangi Ketua MPR Bambang Soesatyo [Bamseot] juga  gagal mendarat di bandara tujuan di Kota Ambon, Maluku, Selasa (26/7/2022).

Humas PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon Aditya Narendra dihubungi media ini mengaku, lima pesawat memilih menunda keberangkatan di Bandara Pattimura hari ini karena cuaca buruk.

Kelima pesawat yang menunda keberangkatan itu masing-masing, Lion Air dengan nomor penerbangan JT-880 dengan rute Ambon menuju Langgur. Kemudian,  Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-662 dengan rute Ambon tujuan Langgur.

Pesawat Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1506 dengan rute Ambon (AMQ) menuju Sorong.

Selanjutnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-663 dengan rute Ambon tujuan Makassar.

Sementera pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6171 dengan rute Ambon menuju Jakarta,  sempat menunda keberangkatan, namun telah terbang ke kota tujuan.

“Untuk yang pesawat Batik Air sudah berangkat, sedangkan untuk pesawat Sriwijaya tujuan Langgur dibatalkan keberangkatan,” kata Aditya.

Semnatara itu, Tenaga Ahli Bamsoet, Dwi Nugroho mengaku,  pesawat carteran yang ditumpangi Ketua MPR RI gagal mendarat di Bandara Pattimura, Kota Ambon.

Pesawat kemudian mengalihkan penerbangan ke Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Dwi, peristiwa itu terjadi lantaran kondisi cuaca buruk yang membuat pesawat tidak memungkinkan mendarat di Ambon.

"Pukul 10.20 WIT, pesawat sudah siap landing di Ambon. Posisi pesawat sudah turun hingga dibawah ketinggian 1.000 Ft. Namun karena awan tebal dan hujan deras, menyebabkan jarak pandang pilot terbatas. Sehingga pilot memutuskan menaikan kembali pesawat," kata Dwi dikutip inews.id.

Dwi menuturkan, dari koordinasi dengan tower Ambon, pesawat diminta dialihkan mendarat di Manado. Termasuk pesawat lain juga harus mengalihkan penerbangan karena cuaca buruk tersebut.

Selain itu terdapat dua pesawat yang hendak mendarat di Bandara Pattimura memilih mengalihkan penerbangan ke bandara terdekat.

Kedua pesawat yang batal mendarat di Ambon yakni pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ-662 dengan rute Makassar tujuan Ambon dan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-880 dengan rute Makassar tujuan Ambon (*)

Editor : dhino pattisahusiwa