BERITABETA.COM – Buah semangka memiliki rasa manis dan menyegarkan saat disantap ketika cuaca panas. Selain itu, dengan kandungan yang dimilikinya, semangka juga memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh.

Kandungan air pada buah semangka ternyata juga mampu membuat tubuh tetap terhidrasi. Padahal, kandungan vitamin dan mineral lainnya memberi banyak manfaat kesehatan untuk tubuh termasuk wajah.

Di Korea semangka sering dimanfaatkan untuk menjaga keindahan kulit wajah.

Melansir Brit.co, selama beberapa generasi kulit buah semangka telah digunakan untuk meredakan masalah kulit yang parah. Termasuk mengurangi kemerahan, peradangan, dan mempercepat proses pergantian sel. Kulit buah semangka juga dimanfaatkan untuk mengobati jerawat.

Para wanita di Negeri Ginseng akan menggosok kulit buah semangka pada kulit yang terbakar, memiliki ruam, atau teriritasi. Kandungan seperti gel yang dingin dipercaya bisa menenangka dan membantu kulit wajah pulih lebih cepat.

Sekadar informasi, kulit buah semangka mengandung senyawa aktif yaitu terpenoid yang dapat berfungsi sebagai antibakteri sehingga bisa menjadi obat untuk jerawat.

Biasanya kulit buah semangka diletakkan beberapa saat dalam kulkas hingga terasa lebih dingin. Ada pula yang mencampurkannya dengan alpukat atau pisang untuk membantu penyembuhan. Selain itu, manfaat yang sama bisa didapatkan dari biji buah semangka.

Sementara bijinya, mampu mengatasi iritasi dan meningkatkan kolagen. Biji semangka mengandung protein, asam lemak, asam linoleat yang mengental, asam oleat yang menghidrasi, dan berbagai ceramide. Kandungan-kandungan itu juga dapat membantu kulit menjadi lebih lembap.

Tak hanya itu, daging buah semangka penuh dengan vitamin A dan C. Kedua vitamin ini dapat membantu memulihkan kulit yang rusak setelah terkena sinar matahari, angin, atau bahkan stres. Dengan begitu, kerusakan kulit karena sinar UV, bintik hitam, dan bercak kering dapat dihindari.

Kandungan vitamin E-nya juga dapat meringankan hiperpigmentasi, menyamarkan garis-garis halus, membantu menetralisir efek radikal bebas, serta bertindak sebagai antioksidan yang meremajakan kulit.

Beruntung penggunaan semangka untuk mempercantik kulit wajah dapat digunakan pada berbagai jenis kulit. Entah itu kulit berminyak, berjerawat, atau sensitif. Oleh karenanya buah satu ini dapat dimanfaatkan banyak orang (BB-DIP)