BERITABETA.COM, Piru –  Markas Komando Distrik Militer (Makodim) Seram Bagian Barat (SBB) siap dibangun tahun 2020. Makodim SBB yang rencananya ditempati sebanyak 150 prajurit TNI itu, akan dibangun di atas lahan seluas 3 hektar yang berlokasi di kawasan Waihuang,  Desa Eti,  Kecamatan Seram Barat.

Kepastian ini setelah Pangdam XVI/Patimura Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, SH. MH, melakukan peninjauan lokasi Makodam di Kabupaten SBB, Rabu (31/7/2019).

Pangdam XVI/Patimura yang didampingi As Ops Kol Inf. Epy Gustiawan, Aster Kol Inf Amiludin, tiba di Desa Marekau menggunakan Helly Bell 412  milik TNI AD. Rombongan Pangdam kemudian  dijemput Bupati SBB Drs.M.Yasin Payapo MP.d,  Kapolres SBB, AKBP Agus Sitiawan, Pabung Persiapan Kodim SBB  meninjau lokasi persiapan pembangunan Makodam di Desa Eti.

“Pembangauan Makodim SBB akan dimulai tahun 2020 dan anggota yang kami persiapan mencapai 150 orang,” kata Pangdam.

Sebelum meninjau lokasi Makodim SBB, Pangdam dan rombongan menyempatkan diri bersilaturahmi  ke Kodim sementara  SBB  yang beralamat di Kota Piru.

Dalam peninjauan Pangdam mengatakan lokasi yang disiapkan untuk membangun Makodim  SBB itu sangat strategis dan bagus. Pasalnya,  lokasi tersebut berada pada posisi dataran yang  tidak jau dari pantai.

“Lokasinya bagus dan sangat strategis, karena dekat dengan pantai,” kata Pangdam.

Pangdam juga menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten SBB atas bantuan dan partisipasi dalam perencanaan dan persiapan  pembangunan makodim di wilayah berjuluk “Saka Mese Nusa” itu.

“Kami sangat berterimakasih  kepada Pemerintah Kabupaten  SBB yang sudah membantuh kami dalam persiapan  dan perencanaan pembangunan Makodim  SBB,” Pangdam Pattimura.

Sementara itu, Bupati SBB M.Yasin Payapo mengatakan sangat mengapresiasi pembentukan Kodim Persiapan di Kabupaten SBB. Pihaknya, kata Payapo,  akan selalu mendukung seluruh kegiatan TNI maupun Porli di daerah yang dipimpinnya itu.

”Kami sebagai pimpinan di daerah dan masyarakat SBB sangat mengapresiasi program TNI untuk menbentuk Kodim di SBB, karena  dapat membantuh program pemerintahan dari aspek keamanan dan ketertiban  di daerah,” tandas Payapo. (BB-DIO)