Acara Launching Kantor Berita Kota Ambon Biro Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku di Bula, Rabu (7/04/2021). Foto: beritabeta.com
Acara Launching Kantor Berita Kota Ambon Biro Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku di Bula, Rabu (7/04/2021). Foto: beritabeta.com

BERITABETA.COM, Bula — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Noaf Rumauw mengungkapkan, media massa memiliki peranan penting dalam membangun daerah.

Menurut dia, sebagai pejabat tidak bisa mengelak dari sorotan publik. Dalilnya, pada zaman digital yang moderen saat ini, sama halnya hidup pada ruang public serba transparan.

Ia mengumpamakan seperti dalam aquarium, sehingga tidak ada tempat untuk bersembunyi. Namun akan menjadi sisi yang dilihat, sehingga itu yang menjadi kontrol publik.

"Memang media massa memiliki peran penting ditambah dengan teman-teman OKP, Ormas dan LSM," ujar Noaf Rumauw dalam acara launcing Kantor Berita Kota Ambon Biro SBT di Bula, Ibukota Kabupaten Seram bagian Timur, Maluku, Rabu (07/04/2021).

Ia berharap, media massa dalam menyuguhkan pemberitaan tidak selamanya menulis prestasi atau hal-hal baik. Namun juga harus melakukan koreksi terhadap kinerja pejabat public termasuk dirinya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini mengakui, media massa adalah ‘alat’ untuk sama-sama saling mengingatkan. Karena itu, dia bersama pihaknya selalu terbuka dan bersedia untuk menereima koreksi dari media massa termasuk Ormas dan OKP.

"Sebagai ketua DPRD Kabupaten SBT saya ajak berita kota, teman-teman Ormas, OKP, LSM dan lain sebagainnya bahwa saya dan pak Asisten ini bisa dikoreksi kapan saja," tuturnya.

Sementara itu, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Idris Boufakar menyatakan, pada dasarnya Pemkab SBT sangat merespon baik kegiatan pers dalam menyampaikan informasi pembangunan di SBT.

Ia berujar, sebagai mitra pemerintah daerah dalam mengawal kebijakan pembangunan, media massa sangat diperlukan mensosialisasikan pembangunan di kabupaten berjuluk Ita Wotu Nusa tersebut.

"Karena itu sangat diharapkan media massa dapat memberikan informasi dan pemberitaan yang berimbang serta akuntabel tentang pembangunan dan pelayanan pemerintahan," harapnya,

Selain itu, menjalin komunikasi dan hubungan kerja yang baik dan terukur dengan berbagai awak media dan pers dalam menyajikan informasi bagi publik dan masyarakat pada umumnya. (BB-AZ)