Oscar Harris
Oscar Harris

BERITABETA, Ambon – Bagi generasi  70 dan 80-an pasti tidak asing lagi dengan sosok penyanyi legendari Internasional yang satu ini. Jika ingin bernostalgia, maka ini kesempatan berharga,   penyanyi legendaris Oscar Harris akan tampil di Kota Ambon dalam rangka memeriahkan Amboina Internasional Music Festival yang digelar 15-17 November 2018.

Direktur Ambon Music Office Ronny Loppies menyatakan, musisi Suriname yang terkenal di Belanda era 1970 hingga 1980-an itu akan tampil di Amboina Internasional Music Festival yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Ambon.

“Oscar Harris akan meriahkan kegiatan Amboina Internasional Music Festival, bersama musisi lokal Ambon maupun nasional lainnya,” katanya di Ambon, Rabu (07/11/2018).

Ia mengatakan, sesuai rencana penyanyi yang hits kelahiran 30 November 1943 dengan lagu “Song for the Children” akan tampil pertama pada gala dinner tanggal 13 November di Wailela Cafe Ambon, sebelum puncak festival pada 15 -17 November.

“Oscar Harris akan mambawakan sejumlah tembang lawas di festival musik, juga berkolaborasi dengan Molluca Bamboowind Orchestra,” ujarnya.

Penyanyi kelahiran Suriname 30 november 1943 akan tampil dengan sejumlah musisi Indonesia yakni Barry Likumahuwa, Payung Teduh, serta musisi lokal Ambon diantaranya Molukka Hip-Hop Community, sanggar Booiratan dan Seraphim, sanggar Waihaong, ensemble suling dan Tahury family.

“Festival musik ini gratis untuk warga kota Ambon, kita berharap seluruh warga kota Ambon hadir di lapangan merdeka,” ucap Ronny.

Festival musik ini juga dirangkai dengan Amboina Music Convention, dengan pembicara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, Kepala Bekraf Triwan Munaf, Kepala Pespustakaan Nasional dan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

“Kegiatan ini mengusung tema besar Amboina Internasional Bamboo Festival, sebagai upaya mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia,” katanya.

Sosok Oscar Harris

Oscar Harris lahir di Albina, Suriname, 30 November 1943 adalah musisi kalipso kelahiran Suriname dan banyak berkarya di Belanda.

Ia merupakan salah satu musisi Suriname yang terkenal di Belanda selama era 1970-an dan 1980-an.

Oscar pindah ke Amsterdam untuk belajar arsitektur pada tahun 1963, kemudian pada tahun 1965 ia mendirikan Oscar Harris dan The Dwivedi Stars, sebuah grup vokal dan instrumental yang beranggotakan sepuluh orang, yang kemudian mulai populer dengan aksi panggungnya di pertemuan mahasiswa di Amsterdam.

Pada tahun 1968 kelompok itu menandatangani kontrak dengan Omega Records dan Blue Elephant, dengan tur di Amerika Selatan pada tahun 1971.

Harris menjadi penyanyi solo dengan single” Alta Gracia “pada tahun 1974, dimulai serangkaian single calypso hingga tahun 1988.

Oscar juga menulis dan menyanyikan lagu berbahasa Indonesia seperti Nyanyian untuk Anak-anak dan Betapa Indahnya Indonesia. Dia juga menciptakan beberapa hits di Indonesia, yaitu lagu “Sandy” dan “Oh Tuhan”. (BB-DIO)