BERITABETA.COM, Ambon – Total ibu hamil yang tersebar di wilayah Provinsi Maluku saat ini sebanyak 44.490 orang. Dari jumlah itu Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia atau POGI Maluku Markus Daniel Taliak mengutip data Dinas Kesehatan (Dinkes) menyebut, sebanyak 12.556 orang ibu hamil di Maluku bisa menjalani vaksinasi Covid-19.

Markus pakai pengalaman di Amerika Serikat, dimana para ibu hamil muda maupun tua usai menjalani vaksinasi ketika bersalin atau melahirkan justru kondisi (ibu dan janin), tetap sehat dan tidak cacat.

“Usia kehamilan ibu hamil antara 13 sampai 33 minggu bisa menerima vaksinasi Covid-19,” ujar Markus Daniel Taliak di Ambon, Jumat (20/08/2021).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan di Kota Ambon terdapat 8.224 ibu hamil dan 1.980 orang memenuhi kriteria untuk divaksin Covid-19.

Ia mengklaim, semua jenis vaksin bisa diberikan kepada para ibu hamil, dan tidak ada masalah.

program vaksinasi terhadap para ibu hamil di Ambon telah dijadwalkan berlangsung mulai Agustus hingga Oktober 2021. Tercatat ada 4.000 dosis vaksin yang telah disediakan pemerintah.

Markus menyebut, 4.000 dosis vaksin ini sudah cukup bahkan melebihi target.

“Karena itu ibu hamil jangan takut menerima vaksin. Sebab vaksinasi ini bermanfaat terhadap kondisi tubuh ibu dan janin,” kata Markus. (*)

 

Pewarta : Febby Sahupala