BERITABETA.COM, Ambon - Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  yang berada di wilayah Ambon,  Senin (12/07/2021).

Selain Pangdam, sejumlah pejabat turut serta dalam kegiatan tersebut antara lain Wakapolda Maluku, Danrem 151/Binaiya,  Danlanud, Kabinda, Kas Guspurla, Wakajati, Walikota, Asops  dan Aster Kasdam XVI/Pattimura,  Kakesdam dan  Kapendam serta para pejabat lain kota Ambon.

Sidak dilakukan  dalam rangka mengecek pelaksanaan perintah Panglima TNI dalam  pencegahan Covid-19 secara terpadu. Selain itu untuk memastikan pelaksanaan PPKM Pengetatan,  khususnya di wilayah Ambon dilaksanakan sesuai dengan ketentuan PPKM Pengetatan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa Kota Ambon dan Kabupaten Kepulauan Aru di Maluku termasuk dalam 43 kota/kab yang memberlakukan PPKM Pengetatan.

Sasaran sidak pertama yang didatangi oleh Pangdam adalah Pos PPKM di Bandara Internasional Pattimura, Laha, Ambon.

Dalam kesempatan itu, Pangdam berdiskusi dengan Maulana Pribadi selaku GM Angkasa Pura tentang prosedur masuknya orang- orang dari luar wilayah Ambon dengan menggunakan pesawat.

Beberapa hal menjadi perhatian dari Pangdam, khususnya dalam pelaksanaan pengecekan kesehatan penumpang yang datang maupun berangkat.

“Ambon sedang melaksanakan PPKM jadi petugas di lapangan harus paham betul perbedaan perlakuan  PPKM Mikro dengan PPKM Pengetatan saat ini.  Jangan sampai prokesnya justru menjadi longgar, sehingga menimbulkan celah penyebaran Covid-19. Harus ada petugas kesehatan yang melakukan screening. Nuansanya yang kita hadapi sekarang sudah berbeda.” tegas Pangdam.

Pangdam juga menyampaikan perlunya penambahan  petugas kesehatan untuk mendampingi petugas PPKM di bandara dan adanya penyemprotan disinfektan ketika penumpang datang.

Tidak hanya berdiskusi dengan pihak Angkasa Pura, Pangdam juga mengajak Walikota Ambon dan para pejabat lain untuk memberi masukan demi meningkatkan efektivitas penerapan PPKM Pengetatan di Ambon.

Saat meninjau Posko PPKM Model di Kelurahan Batu Meja, Ambon, Pangdam  menekanakan para Babinsa, Babinkamtibnas dan petugas di lapangan memahami betul apa tugas- tugasnya.

“ Saya sudah keluarkan perintah soal PPKM, sudah saya jabarkan ke Danrem sampai Dandim, sehingga Babinsa harus paham, perbedaan PPKM skala Mikro dan PPKM Pengetatan” lanjut Pangdam.

Meskipun terdapat beberapa hal yang  dievaluasi, tetapi secara keseluruhan pos PPKM Bandara Pattimura dan Posko Model PPKM Pengetatan di Batu Meja sudah cukup baik kesiapan petugas maupun pelaksanaan di lapangan.

Pangdam berharap posko model PPKM  Pengetatan di Batu Meja bisa menjadi contoh bagi pos- pos yang lain sehingga pos PPKM yang sudah tergelar seluruhnya dapat melaksanakan tugas dengan baik (*)

Pewarta : Feby Sahupala