BERITABETA.COM, Ambon - Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) rencananya akan menggelar Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 untuk Voli Indoor wilayah Indonesia Timur di Sporthall Karpan Ambon, Jumat sore (15/9/23).

Usai melakukan Technical Meeting, Ketua Harian PBVSI Maluku Afandi Hasanusi mengatakan pelaksanaan babak kualifikasi bola voli indoor untuk wilayah Indonesia Timur akan diselenggarakan dari 15-20 September 2023 dan akan dibuka langsung oleh Gubernur Maluku Murad Ismail.

Pelaksanaan babak kualifikasi ini hanya diikuti oleh tiga Provinsi dari wilayah Indonesia Timur yaitu Papua, Papua Barat dan Maluku.

"Seharusnya yang mengikuti babak kualifikasi Pra PON XXI Indonesia Timur diikuti oleh lima Provinsi, namun karena beberapa alasan, dua provinsi tidak bisa mengikuti ,"kata Afandi Kepada Wartawan, Kamis (14/9/2023) di ruang Rapat Dinas Pemuda dan Olahraga Maluku.

Afandi mengungkapkan dua provinsi yang tidak sempat hadir untuk mengikuti kualifikasi adalah Maluku Utara dan Provinsi Papua Selatan. Untuk Maluku Utara sampai sekarang belum ada konfirmasi, sementara Papua Selatan dikarenakan adalah Provinsi baru  sehingga belum mempunyai tim bola voli.

"Untuk diketahui, Provinsi Papua mengirimkan 24 orang untuk mengikuti kelas putra dan putri, Papua Barat mengirimkan 49 orang untuk Putra dan Putri serta Tuan Rumah Maluku sebanyak 42 orang untuk Putra dan Putri. Pertandingan tersebut akan berlangsung selama 4 hari dari 15-20 September 2023 dan pembukaan di Sport Hall karang panjang Ambon pada pukul 16.00 Wit,"ungkap Afandy.