BERITABETA.COM, Bula — Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Seram Bagian Timur [SBT] meminta kepada Kepala Kantor Wilayah [Kanwil] Kementerian Agama [Kemenag] Provinsi Maluku H. Yamin agar ada penambahan kuota jemaah haji pada tahun 2023 mendatang.

Permintaan itu disampaikan Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Sekretariat Daerah [Setda] SBT Idris Boufakar pada kegiatan bimbingan manasik haji sepanjang tahun di Aula Kantor Kemenag SBT, Selasa (1/11/2022) yang dihadiri langsung Kepala Kanwil Kemenag Maluku H. Yamin.

Keliobas mengungkapkan, SBT sebagai kabupaten dengan mayoritas muslim terbanyak di Provinsi Maluku harus menjadi pertimbangan khusus oleh Kanwil Kemenag Maluku untuk dilakukan kebijakan penambahan kuota haji.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, ada permintaan khusus dari Pemda. Melihat minat calon jemaah haji SBT yang begitu banyak dengan antrian yang begitu lama, maka kami mohon perhatian dan harapan khusus dari pak Kakanwil yang kami hormati agar kedepan SBT mendapat penambahan kuota calon jemaah haji," ungkap Abdul Mukti Keliobas.

Ia membeberkan, pada setiap tahun Pemkab SBT telah mengalokasikan anggaran yang sangat besar untuk membantu penyelenggaraan ibadah haji di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu.

Keberpihakan Pemkab tambah dia, untuk membiayai anggaran bimbingan manasik haji, transportasi calon jemaah haji Bula - Ambon pulang pergi dan Ambon - Makassar pulang pergi.

"Kami juga pernah memberikan rekomendasi dukungan agar Asrama Haji Waiheru bisa naik statusnya menjadi Asrama Haji Antara. Tujuannya agar dapat mempermudah proses perjalanan ibadah haji bagi umat Islam di Maluku," bebernya.

Seperti diketahui, di Tahun 2022 kuota jamaah haji untuk Pamkab SBT yang tergabung dalam Kloter 9 tahun 1443H/2022 hanya berjumlah 46 jemaah.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Maluku H. Yamin saat dikonfirmasi dalam sela-sela kegiatan tersebut menandaskan, soal kuota haji tergantung dari jumlah penduduk muslim pada wilayah setempat.

"Kalau kemarin kuotanya 100, itu 1/1000 dari jumlah penduduk muslim. Kalau jumlah penduduk muslim meningkat maka kemungkinan kuota akan meningkat, tergantung dari jumlah penduduk muslim yang ada berdasarkan data statistik yang terbaru," tandas H. Yamin.

Sebelumnya, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas berjanji, SBT akan terus memperjuangkan penambahan kuota haji pada 2023 sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

"Pemerintah Daerah akan terus memperjuangkan tambahan kuota haji, sehingga pada tahun-tahun berikutnya kita bisa mendapatkan penambahan kuota yang normal seperti sebelumnya," ujar Abdul Mukti Keliobas saat melepas 46 Calon Jemaah Haji [CJH] di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT, Minggu (19/6/2022). (*)

Editor : Redaksi