BERITABETA.COM, Namrole – Guna memberikan pelayanan kelistrikan yang terbaik kepada masyarakat serta kemudahan dalam pengurusan terkait kelistrikan, PLN UP3 Ambon bersama dengan Unit Layanan Pelanggan (ULP) Namrole menggelar kegiatan sosialisasi kepada mayarakat desa di Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Kegiatan ini dilakukan kepada masyarakat Desa Oki Baru, Kecamatan Namrole  dengan memperkenalkan penggunaan aplikasi PLN Mobile.

Asisten Manager Pemasaran Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ambon, Darmawaty menyampaikan, PLN akan terus memberikan pelayanan kelistrikan yang terbaik kepada masyarakat serta kemudahan dalam pengurusan terkait kelistrikan hanya dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

Dia menyebutkan kegiatan edukasi yang digelar  PLN  UP3 Ambon bersama ULP Namrole itu bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat desa tentang ketenagalistrikan dan pemanfaatan PLN Mobile, terutama dalam menyampaikan gangguan listrik.

"Melalui fitur-fitur di PLN Mobile, dapat membantu pelanggan dalam mengakses layanan kelistrikan antara lain pengajuan pasang baru dan tambah daya, laporan gangguan, bayar tagihan dan sebagainya, semua bisa dinikmati dengan lebih mudah dan nyaman hanya dalam satu genggaman,”  katanya.

Dikatakan kehadiran PLN mobile merupakan salah satu wujud transformasi PLN dalam layanan pelanggan yang semakin inovatif dan tentunya berfokus kepada pelanggan sehingga berdampak terhadap peningkatan kepuasan pelayanan yang lebih baik.

Dalam kegiatan tersebut, Manager PLN ULP Namrole, Stenly Latumahina turut memberikan gambaran dan materi singkat kepada masyarakat yang ikut serta.

Selain itu, ia juga memaparkan bagaimana energi listrik dihasilkan dan bagaimana produksi, serta distribusinya. Jika terjadi pemadaman listrik, masyarakat diajarkan mengenali faktor apa saja yang mempengaruhi, dampaknya serta bagaimana prosesnya.

“Pengenalan K3 kepada masyarakat diberikan agar masyarakat bisa lebih memahami arti pentingnya K3 dalam bekerja dan dapat diterapkan di lingkungan kerja dan rumah,” ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula menyatakan, merupakan bagian dari tugas PLN untuk turun dan memastikan masyarakat paham tentang cara kerja suatu sistem kelistrikan.

"Hal ini juga agar masyarakat paham jika terjadi sesuatu, mereka sudah tahu apa yang mesti dilakukan," sebut Awat.