BERITABETA.COM, Namlea –   Polres Pulau Buru menyalurkan hewan kurban 8 ekor sapi dan dan  2 ekor kambing, bertepatan dengan perayaan Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 Hijriah, Minggu 11 Agustus 2019.

“Dari 10 ekor itu, lima ekor sapi kami salurkan ke Masjid An-Nur Desa Wailikut, Masjid Istiqlal Desa Labuang di Buru Selatan Masjid Al- Iqlas Basalale, Masjid Assyakur Bandar Angin Namlea dan Masjid Jabal-Nur Desa Karang Jaya,” kata Wakapolres Buru Kompol, Bachri Hehanussa, Minggu (11/8/2019).

Sebanyak 3 ekor sapi lainnya, dan 2 kambing, disembelih halaman belakang Markas Polres Buru. Hewan-hewan kurban ini kemudian disalurkan ke berbagai desa yang ada di Kabupaten Buru.

“Kami salurkan ke Jikumerasa, Gogorea, Panti Asuhan Nametek, Kampung Baru Jikubesar, Kaki Air, Sawah dan Pohon Durian. Setiap desa atau panti asuhan terima 30 Kg. Jumlah keseluruhan itu 240 Kg,” terang Hehanussa.

Hehanussa dalam sambutan sebelum hewan disembelih mengatakan Idul Adha merupakan ibadah mengenang pengabdian Nabi Ibrahim AS beserta putranya, Nabi Ismail AS yang telah melaksanakan ujian dari Allah SWT untuk berkurban.

“Perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS  yaitu menyembelih  anaknya  Ismail. Tapi  Allah SWT kemudian menggantikannya  dengan seekor kambing,” ujar Hehanussa.

Ia menjelaskan, Ibadah Kurban ini mempunyai dua aspek yaitu aspek Ukhuwah Islamiyah, yaitu persaudaraan sesama umat Islam, di mana terjadi kepedulian sosial dari pihak yang berkurban dan penerima daging kurban.

“Juga  aspek syiar Islam yaitu sebagai sarana dakwah untuk menunjukan kemuliaan dan kebenaran agama Islam. Selain itu penyembelihan hewan kurban sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT,” tandas Hehanussa (BB-DUL)