BERITABETA.COM, Bula — Program tol laut mulai dijalankan di Kabupaten Seram Bagian Timur [SBT]. Program ini ditandai dengan datangnya  KM Kendhaga Nusantara 09 di Pelabuhan Sesar, Kota Bula, Senin (7/02/2022).

Kapten KM Kendhaga Nusantara 9, Purnomo Sidi Agus dalam kesempatan tersebut meminta agar program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo lewat KM Kendhaga Nusantara 9 di SBT saat ini dapat dimanfaatkan secara baik oleh Pemerintah Daerah [Pemda] setempat.

Menurutnya, selama ini hanya pengiriman barang dari Pulau Jawa ke daerah-daerah. Sehingga diharapkan dengan tol laut tersebut, daerah berlomba-lomba mengirim barang dari SBT ke Pulau Jawa.

"Saya berharap kerjasama dari instansi terkait, terutama untuk kemajuan daerah sini. Jangan sampai kehadiran KM Kendhaga Nusantara 9 ini seperti angin lalu, tapi berlomba-lomba untuk mengirim barang dari sini ke Pulau Jawa, jangan ketergantungan dari Jawa saja barangnya," ungkap Purnomo Sidi Agus.

Purnomo mengungkapkan, KM Kendhaga Nusantara 9 itu dengan rute trayek Tanjung Perak [Surabaya] - Piru - Bula - Gimea/Tapeleo - Saketa - Babang/Bacan - Wayaloar - Malbufa - Tanjung Perak [Surabaya].

Dia membeberkan, dalam trayek tersebut terhitung sebulan melayari SBT sekali dengan kapasitas muatan maksimal yang diangkut dari tujuh pelabuhan trayek sebanyak 60 kontainer.

"Jadi disini tidak ada jatah, kalau memang tidak ada muatan yang diambil, kita ambil di pelabuhan yang lainnya," bebernya.

Sementara itu Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur menjelaskan, program tol laut ini sangat membantu masyarakat terutama pengusaha di kabupaten penghasil minyak bumi itu dalam pengiriman barang.

Pemerintah Daerah [Pemda] SBT tambah dia meminta agar pengusaha-pengusaha dapat memanfaatkan kesempatan tersebut secara baik, dengan dengan harapan kedepannya dapat menambah Pendapatan Asli Daerah [PAD].

"Semoga seluruh pengusaha yang ada disini [SBT] dapat memanfaatkan kesempatan ini, semoga kedepannya kita akan bisa meningkatkan PAD di daerah kita," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas sangat berharap program Tol Laut yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo, untuk pengangkutan logistik kelautan secepatnya terealisir di Kabupaten SBT.

“Dengan kunjungan Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Keamanan dan Kemaritiman Republik Indonesia Mayjen TNI Mar [Purn] Buyung Lanana, diharapkan pemerintah pusat dapat memperhatikan Kabupaten SBT utamanya di bidang kelautan,” harap Abdul Mukti Keliobas dalam rapat Assesment Teknis Kegiatan Pelayanan Publik Angkutan Barang di Laut atau Tol Laut SBT, yang digelar di Pandopo Bupati SBT, Bula, Rabu malam, (24/03/2021).

Bupati mengemukakan, Kabupaten SBT merupakan wilayah paling timur yang memiliki luas wilayah mencapai kurang lebih 13,200 Km² dan punya banyak pulau. Sehingga, tuntutan pengembangan bidang kelautan di daerah yang ia pimpin saat ini, menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh pempus.

"Terkait tol laut di wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur ini, harapan kami semoga secepatnya terealisasi. Ini demi kesejahteraan masyarakat SBT," tandasnya (*)

Pewarta : Azis Zubaedi