BERITABETA.COM, Ambon – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) untuk membangun kembali rumah-rumah warga Iha di Negeri Iha Kecamatan Saparua Timur, disambut dengan antusias warga Iha.

Antusias ini ditunjukkan dengan gerakan pulang kampung membersihkan bekas-bekas rumah yang ditinggalkan sejak 23 tahun silam. Aksi ini dilakukan puluhan warga Iha yang tergabung dalam Komunitas Masyarakat Peduli Iha (KOMPI)

Salim Titaheluw, salah satu warga Iha kepada media ini mengungkap keinginan untuk membangun kembali rumah di Negeri Iha merupakan keinginan pribadi dari setiap warga Iha yang menetap di rantau.

“Saat ini kami pulang untuk membersihkan bekas rumah-rumah kami, kemudian memberi tanda, sebagai syarat untuk diajukan ke Pemerintah Daerah. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian kami dalam mendukung program pemerintah dan bentuk kecintaan kami kepada tanah leluhur,”ungkap Salim via telepon selulernya saat berada di Negeri Iha, Saparua Timur, Minggu malam (23/7/2023).

Menurut Salim, pasca adanya rencana pembangunan kembali sejumlah infrastruktur plus rumah warga di Negeri Iha oleh Pemkab Malteng, mereka (warga Iha) telah telah mengajukan permohonan secara pribadi  melalui Dinas Perumahan Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP), Kabupaten Malteng.

 

 

“Ada sekitar 100 KK yang sudah mengajukan permohonan. Kami berharap rencana ini secepatnya dilakukan pemerintah daerah, sehingga kami bisa kembali menetap di negeri asal kami,” tutur Salim.

Salim yang sebelumnya sempat menetap selama 2 tahun di Negeri Iha dan menempati rumah singgah ini mengaku bersyukur dengan adanya rencana pemerintah untuk membangun rumah-rumah warga Iha ini.