BERITABETA.COM, Ambon – Ratusan personil Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap II  Vaksinasi Covid-19 tahap dua yang  digelar di Komplek Lantamal IX Gedung  Dr. Johanes Leimena, Kecamatan Baguala Kota Ambon, Kamis, (15/04/2021).

Proses vaksinasi ini diikuti seluruh personel Lantamal mulai dari Perwira, Bintara dan Tamtama, serta PNS sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang pemberian vaksin kepada petugas publik.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., dalam  kesempatan ini mengatakan, kegiatan vaksinasi ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah.

Menurutnya, program ini berdasarkan Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No HK.02.02/4/423/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam upaya pecegahan dan percepatan penanganan Covid-19 khususnya  di wilayah kerja Lantamal IX dan Maluku pada umumnya.

“Perlu diingat meskipun telah divaksin Prajurit dan PNS harus tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 3M (memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun dengan rutin,” tandas  Eko Jokowiyono.

Kegiatan vaksinasi tahap II ini dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Rumkital dr. F.X Suhardjo dengan melalui beberapa tahap yang meliputi pemeriksaan Rapit Test Antibody, kemudian pendataan peserta dengan menunjukan kartu yang diberikan pada vaksinasi tahap 1.

Selanjutnya, para peserta menjalani screening dan kemudian penyuntikan vaksin dan beristirahat selama 30 menit untuk observasi efek dan reaksi dari vaksin yang telah disuntikan.

Pelaksanan vaksinasi Covid-19 tahap II ini diawali oleh Danlantamal IX Ambon Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., dan Komandan Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Rudhi Aviantara IH., S.E., M.Si., M.Tr. (Han), kemudian ikuti Wadan Lantamal IX, Para Pejabat Utama Lantamal IX, Para Kasatker serta seluruh Prajurit dan PNS Lantamal IX. (BB-YP)