BERITABETA.COM, Ambon – Ribuan warga Kota Ambon membanjiri ruas jalan AY. Paty Ambon, Jumat (28/12/2018) saat calon presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto melewati jalan utama di kota berjuluk ‘manise’ itu.

Warga yang terdiri dari simpatisan dan pendukung ini berjubel disisi kiri dan kanan jalan,  berusaha bersalaman dan melihat dari dekat sosok capres yang menjadi idola mereka itu.

Warga Kota Ambon yang sebagian besar adalah jemaah sholat jumat  dan komonitas  emak-emak, terlihat antusias mendekati sang capres.

Warga penasaran lantaran saat menunaikan sholat jumat di Masjid Raya Alfatah Ambon, Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini tidak  bisa didekati, karena masjid kebangaan umat Islam Kota Ambon ini,  penuh sesak dan tumpah ruah dipenuhi jemaah, hingga ke pelataran masjid.

Sambil meneriaki yel-yel, “Hidup nomor 2, gantipresiden dan presiden idola” jamaah sholat jumat akhirnya keluar ke jalan utama AY. Paty mengikuti Capres Parbowo yang keluar dari pintu samping Masjid Alfatah Ambon langsung  menumpangi mobil.

Di sepanjang jalan AY Paty Capres Prabowo dicegat warga. Capres Prabowo terlihat berdiri di atas mobil melalui open roof  sambil melambaikan tangan dan sesekali menyalami warga yang memadati jalan AY. Paty Ambon.

Sejumlah tokoh agama dan jemaah sholat jumat di Masjid Raya Alfatah Ambon bersalaman dengan Capres Prabowo Subianto (foto: beritabeta.com)

“Saya baru pernah lihat massa pendukung sebanyak itu. Masjid Alfatah Ambon penuh sesak, jamaah sholat jumat banyak yang akhirnya menunaikan sholat dengan menempati halaman masjid,”kata Rahman Kaplale salah seorang  warga yang ikut sholat jumat di masjid Alfatah Ambon.

Menurut Rahman, awalnya sejumlah jamaah sholat jumat menduga Capres Prabowo akan melewati pintu utama Masjid Alfatah Ambon usai menunaikan sholat jumat. Namun, kondisi masjid yang penuh sesak, menyebabkan capres yang diusung koalisi parpol Gerindra, PKS, PAN, Berkaya dan Demokrat ini akhirnya keluar lewat pintu samping.

Mengetahui sang Capres sudah keluar dari masjid, jamaah sholat jumat pun langsung keluar berhamburan mendekati di jalan AY Patty, lokasi dimana mobil yang ditumpangi Prabowo lewat.

“Kami menunggu dan berharap bisa mendekati beliau, tapi ternyata beliau keluar dari belakang dan langsung menaiki mobil, akhirnya kami pun ikut iringan mobil itu sampai ke jalan AY. Paty,”kata Husein Pical salah satu jamaah sholat jumat yang dijumpai beritabeta.com.

Ketua DPP Partai Gerindra, Prasetyo Hadi mengatakan Prabowo berada di Ambon juga mengisi agenda menghadiri undangan bersama tokoh dan pemuka agama setempat.

“Pak Prabowo menghadiri silaturahmi ke Kantor Sinode Gereja Protestan Maluku, juga silaturahmi ke Kantor MUI Maluku,” kata Prasetyo Hadi dalam keterangan tertulis, Jumat (28/12/2018).

“Pak Prabowo sangat berterimakasih kepada warga Ambon yang sangat antusias menyambutnya,” kata Direktur Saksi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ini.

Sebelumnya, Prabowo juga menghadiri undangan tokoh serta ulama di Aceh dan NTT. Sama halnya di Ambon, di Aceh dan NTT kedatangan Prabowo juga disambut antusiasme ribuan masyarakat setempat. (BB-DIO)