BERITABETA.COM, Ternate  – Penyelenggaraan STQ Nasional XXVI di Maluku Utara berjalan sukses dan lancar. Perhelatan nasional pertama di Maluku Utara ini ditutup pada Jumat 22 Oktober 2021 oleh wakil Menteri Agama RI Drs. H. Zainut Tauhid Sa'adi, M.Si  di venue utama Masjid Raya Shaful Khairat Sofifi.

Sukses STQ tak lepas dari keras Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang dipimpin oleh Gubernur KH Abdul Gani Kasuba.

Gubernur Abdul Gani Kasuba sejak awal menginstruksikan seluruh jajaran dinas dan badan lingkup Pemprov Malut memberikan pelayanan terbaik kepada semua kontingen dari 34 provinsi.

Pelaksanaan STQ Nasional mendapatkan dukungan luas dari masyarakat Maluku Utara dan keterlibatan beberapa pihak swasta.

Salah satunya, Perusahaan tambang nikel Harita Group. Harita Group dikenal sebagai perusahaan tambang nikel mengelola kawasan berikat yang terletak di  Pulau Obi Kabupaten Halmahera Selatan.

Dihubungi pada Sabtu (23/10/2021), Salmin Janidi, S.H., M.Hum,  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku Utara menegaskan, sukses STQ Nasional XXVI tak lepas dari dukungan masyarakat dan perhatian yang diberikan oleh pihak swasta. Salah satunya Harita Group.

“Harita Group meminjamkan kapal cepat dan mobil bus untuk mendukung kelancaran kegiatan STQ Nasional XXVI,” jelas Salmin.

Bantuan Harita Group memperlancar mobilitas kontingen yang menjadi peserta dari berbagai daerah selama STQ berlangsung.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Harita Group atas keterlibatannya dengan menyediakan sarana untuk memperlancar mobilitas peserta dan kontingen STQ Nasional. Perhatian Harita Group sangat berarti,” ucap Salmin,

Banyak pihak kata Salmin yang ingin agar Maluku Utara menjadi tuan rumah yang sukses. Keinginan ini juga diikuti dengan perhatian dan dukungan agar seluruh agenda STQ berjalan dengan lancar.

“Pemerintah provinsi Maluku Utara dan segenap masyarakat menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dan doa dari berbagai pihak. Terbukti, STQ Nasional berjalan lancar. Maluku Utara dapat menjadi tuan rumah yang ramah bagi kontingen dari seluruh Indonesia,” ujar lagi.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Maluku Utara, Dr. Ahmad Purbaja SE. MH membenarkan dukungan Harita Group. Ia mengapresiasi keterlibatan Harita Group menyukseskan pelaksanaan STQ Nasional di Sofifi.

“Keterlibatan dan Kerjasama Harita Group dengan meminjamkan kapal cepat dan bus pada STQ Nasional kami apresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih”, tandas Ahmad Purbaya.

Saling support dalam pelaksanaan STQ kata Ahmad Purbaya, menjadi indikasi yang baik jika agenda – agenda nasional di Maluku Utara ke depan tidak hanya menjadi agenda bagi pemerintah provinsi tapi juga masyakarat dan berbagai stakeholder yang ada di Maluku Utara.

“Kekompokan yang ditunjukan oleh masyarakat dan stakeholder  menjadi awal yang baik bagi kemajuan Maluku Utara,” tuturnya (*)