BERITABETA.COM, Masohi -  The Asia Foundation (TAF)  sebuah  organisasi pembangunan internasional nirlaba resmi menggandeng Yayasan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (YPPM) Maluku untuk menjalankan program bertema Democracy Resilience (Demres) atau ketahanan demokrasi di Provinsi Maluku.

TAF yang selama ini berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di Asia itu,  dalam program ini bertujuan untuk memperjuangkan ruang sipil dalam hal ketahanan demokrasi, khususnya masyarakat di Maluku.

Direktur YPPM Maluku, Abdul Gani Fabanjo kepada beritabeta.com, Senin (05/07/2021) menjelaskan,  program Demres ini dijalankan untuk merespon situasi politik Indonesia yang didominasi narasi sectarian atau kelompok tertentu, primordialisme, dan politik identitas serta hegemoni politisi yang cenderung deskrutif terhadap tatanan demokrasi.

“Program ini tidak untuk melawan narasi-narasi tersebut secara frontal. Kita akan lebih memberi keberimbangan narasi dengan mengangkat isu-isu pembangunan dan demokrasi di ranah publik,”tutur Fabanjo.

Menurut Fabanjo, program ini bertujuan untuk merintis pendekatan inovatif dengan cara memperkuat lembaga demokrasi, meningkatkan kualitas proses demokrasi serta meningkatkan kapasitas aktor khususnya kaum perempuan, penyandang disabilitas, pemuda dan kelompok marginal lainnya.

Untuk mendukung program Demres ini, kata Fabanjo, YPPM Maluku telah menggandeng beberapa Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) di kota Ambon dan di Kota Masohi.

“Di kota Ambon, ada sepuluh OMS yang mendukung kegiatan ini. Antaranya Suara Milenial Maluku (SMM), Gerakan Pejuang Perempuan Milenial, Perempuan Bacarita, Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM), Rumah Milenial Indonesia, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), Majelis Taklim, Fathayat Nahdatul Ulama (NU), LPTQ dan perwakilan pemuda,” urainya.

Sedangkan untuk Kota Masohi, OMS yang bermitra dalam program Demres ini adalah Komunitas Kalesang Kesehatan Ibu dan Anak (K3IA), AMGPM, Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiwa Siri Sori Islam (IPPMASSI), Alumni Sekolah Luar Biasa (SLB) Masohi, Majelis Gereja, Majelis Taklim dan Remaja Mesjid.

Ia mengatakan, sosialisasi untuk Program DemRes ini telah dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu pada tanggal 21 Juni 2021 di Hotel Amans, Ambon dan tanggal 28 Juni 2021 di Hotel Onemay Masohi.