BERITABETA.COM, Bula — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mengusulkan untuk membangun empat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) baru pada 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan SBT Samun Rumakabis kepada wartawan di Bula, Kamis (31/08/2023).

Samun menerangkan, rencana pembangunan empat Puskesmas di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Penambahkan empat Puskesmas di Kabupaten SBT itu terkait dengan peningkatan pelayanan kesehatan," ungkap Samun Rumakabis.

Dia membeberkan, lokasi pembangunan empat Puskesmas baru yang diusulkan itu tersebar di wilayah Bula, Gorom Timur, Tamher Warat dan Kepulauan Watubela.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes SBT ini mengemukakan, jumlah penduduk di Kecamatan Bula sudah melampaui 20 ribu, sementara akses pelayanan Puskesmas itu maksimal 6 ribuan.

"Otomatis kita menambah satu Puskesmas di wilayah Bula, kemungkinan besar di Desa Kampung Gorom. Untuk Gorom Timur itu di Amar Watu, karena ada 22 desa disitu. Tamher Warat satu untuk bisa mengcover wilayah barat dan Kepulauan Watubela, karena jumlah penduduk disitu sekitar seribu lebih, tapi kalau kondisi ombak dan angin masyarakat tidak bisa keluar," bebernya.

Ia mengaku, usulan pembangunan empat Puskesmas ini sudah disampaikan secara langsung dalam hasil persentase rencana kegiatan prioritas Dinkes SBT di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

"Sudah disampaikan dalam kita punya rencana kegiatan prioritas yang Insya Allah bisa dilaksanakan di 2024 dan juga dituangkan dalam kita punya Renja Dinkes," akuinya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi