Muh Kashai Ramdhani Pelupessy
Muh Kashai Ramdhani Pelupessy

Kasrul Selang : Maluku Menghadapi Situasi Transmisi Lokal

BERITABETA.COM, Ambon – Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku kembali melansir data terkait jumlah kasus orang yang positif terinfeksi coronavirus disease (Covid-19) di Maluku. Jumlah kasus kini bertambah dari tiga orang sebelumnya  menjadi 12 kasus, menyusul terkonfirmasi hasil uji spesimen melalui metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dari hasil tracing pasien 02 dan 03 Maluku dan beberapa kasus baru.

Dari data infografik yang diperolah beritabeta.com, Sabtu sore (11/4/2020) menyebutkan, kota Ambon berada di urutan teratas dengan terungkapnya lima kasus baru, sehingga jumlah pasien positif Covid-19 untuk kota Ambon saat ini ada 7 kasus, termasuk pasien 01 dan 02.

Selain kota Ambon, menyusul Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dengan dua kasus baru yang terungkap melalui hasil PCR, sehingga saat ini terdapat tiga orang positif Covid-19. Satu kasus baru juga terkonfirmasi di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) melalui hasil PCR.

“Semua kasus positif di atas merupakan hasil uji melalui PCR,” ungkap sumber media ini.

Data Terbaru
Infografis Update Data Terbaru

Sementara itu,  Ketua Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan dalam jumpa pers di Kantor Gubernur, Sabtu sore (11/4/2002) membenarkan, jumlah pasien positif Covid-19 di Maluku bertambah 9 orang, sehingga totalnya menjadi 12 orang positif Civid-19 di Maluku.

“Sudah terkonfirmasi lagi pasien positif bertambah 9 orang, jadi sudah ada pasien ke -12 kasus positif Covid-19 saat ini. Tentunya katong prihatin. Katong cuma bisa menghimbau kepada basudara semua, mari kita melakukan karantina dengan ketat terhadap pelaku-pelaku perjalanan,” tandas Kasrul.

Sekda Maluku ini juga meminta kepada semua pihak dan pelaku-pelaku perjalanan semua yang ada di Ambon dan Maluku, tentunya diharapkan dapat kerjasama semua untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Keluarga, warga, RT dan seterusnya bisa mengontrol ini dengan ketat, karena katong skarang ini sudah menghadapi transmisi lokal. Artinya ada orang yang tidak melakukan perjalanan pun sudah positif,” tandasnya.

Secara rinci Kasrul menjelaskan, ke-9 orang yang terkonfirmasi positif ini terdiri dari hasil tracing terhadap pasien 02 yang dirawat di RST, terungkap ada 3 orang positif. Kemudian ditambah lagi dua orang pasien yang bersama pasien 03 asal Saparua, juga positif dan satu pasien yang dirujuk dari RSU Piru juga positif.

Selanjutnya, ditambah 1 lagi pasien yang dirawat di RSU Lantamal Halong, yang baru saja pulang dari Manado, juga terkonfirmasi positif. Dan ditambah hasil PCR terhadap 12 calon perwira polisi yang dikarantina di SPN Passo, dua diantaranya terkondirmasi positif.

“Tadi kita sudah koordinasi dengan pihak Polda Maluku, jadi untuk kedua pasien itu akan diisolasi di RS Bhayakari Polda Maluku,” ungkapnya.

Sekda menambahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi kepada kebupaten baik Malteng, SBB dan Kota Ambon untuk melakukan tracing terhadap pasien 04 dan seterusnya.(BB-DIO)