BERITABETA, Ambon – Lemahnya kinerja Alfonsus Tetelepta sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Ambon, ditambah dengan beberapa masalah yang melilit PDAM, dinilai sudah seharusnya  jabatan itu diisi oleh orang lain.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy diminta untuk menggantikan Alfonsus Tetelepta dari jabatan Plt. Dirut PDAM Kota Ambon.

Permintaan ini disampaikan dua Anggota Komisi II DPRD Kota Ambon, masing-masing, Saidna Azhar bin Tahir dan Juliana Pattipeilohy kepada wartawan, Sabtu (24/11/2018)

“Alfonsus itu menjabat Plt. Dirut PDAM Kota Ambon sudah 6 Tahun. Sudah begitu, banyak masalah yeng dialami PDAM Kota Ambon. Akibat masalah internal yang melilit di PDAM,  ada oknum diinternal yang bakal melaporkan yang bersangkutan ke pihak berwajib,” kata Saidna politisi asal PKS ini.

Saidna Azhar bin Tahir menyanyangkan sikap Walikota Ambon Richard Louhenapessy terkait sikap mempertahankan posisi Alfonsus Tetelepta. Dimana Walikota Ambon menyatakan sulit menggantikan posisi Tetelepta.

Menurutnya, ada banyak Sumber Daya Manusia (SDM) di Pemerintah Kota Ambon yang sangat layak dan dinilai mampu berkontribusi lebih untuk kemajuan PDAM kedepan.

“Saya rasa pernyataan walikota sangat keliru soal pergantain Plt. Dirut PDAM, kita lihat masih banyak SDM di kota ambon yang berprestasi dan berkompeten menduduki posisi Dirut PDAM,” ujar Saidna.

Dikatakan, harusnya Walikota mengambil kebijakan untuk segera menggantikan posisi Plt Dirut PDAM. Selain, beberapa alasan diatas, kinerja DPAM juga tidak maksimal dengan banyaknya keluhan dari pelanggan.

Sementara itu,  Juliana Pattipeilohy juga mengaku sangat menyayangkan posisi Plt. Dirut PDAM yang masih dipertahankan oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy. “Posisi Apong harusnya sudah digantikan oleh orang yang berkompeten,”tandas Juliana.

Dia mengakui, pergantian jabatan Dirut PDAM itu memang merupakan kewenangan dari Walikota, namun harapan dari DPRD Kota Ambon harusnya bisa menjadi perhatian Walikota. Sebab, sudah banyak laporan yang diterima dari masyarakat soal pelayanan PDAM.

“Kami berharap, agar nantinya Walikota dapat menempati janjinya untuk secepatnya menggantikan Plt Dirut PDAM Kota Ambon. Kalau Walikota beralibi masih mencari figur, itu tidak terlalu rasional. Masih banyak SDM yang layak dan berintegritas memimpin PDAM. Pak Apong kan juga masih menjabat direktur DSA Ambon,” katanya.

Atas persoalan ini, dia berharap, Komisi II DPRD Kota Ambon bisa melakukan audiens dengan Walikota untuk menyikapi posisi Plt Dirut PDAM yang sudah kurang lebih enam tahun dijabat oleh Apong itu. (BB-DIO)