BERITABETA.COM, Ambon – Presiden RI, Joko Widodo menyalurkan bantuan sebanyak 5.000 paket bahan pokok kepada warga Kota Ambon. Ribuan paket bantuan ini diserahkan Kepala Divre Bulog Maluku-Maluku Utara, Asmal kepada Walikota Ambon Richard Louhenapessy di Balaikota Ambon, Minggu (10/5/2020) untuk selanjutnya disakurkan ke 50 desa/negeri dan kelurahan.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Presiden RI.

“Kita mendapatkan 5.000 paket, dan bantuan ini akan di bagi secara merata ke seluruh desa dan kelurahan di Kota Ambon,” kata Louhenapessy  usai penyerahan bantuan di halaman parkir Balaikota Ambon.

Ia menjelaskan, dengan diterima bantuan ini, maka akan dibagikan kepada 50 desa/negeri dan kelurahan di Kota Ambon. Masing-masing mendapat merata sebanyak 100 paket, yang akan diatur dan dibagi oleh raja, lurah, dan kepala desa, didampingi Banbinkamtimnas dan Babinsa, guna memperlancar pembagian bantuan ini.

“Mekanismenya itu nanti kita fungsikan, dan perdayakan tukang-tukang ojek, supaya mereka bisa mendapatkan biaya dari jasa distribusi bantuan. Para sopir yang ada di desa itu, akan langsung jemput barang dari gudang Dolog ke lokasi masing-masing dan para tukang ojek, yang ada di desa dimaksud yang akan mendistribusikannya ke rumah-rumah penerima bantuan,”terang Walikota.

Walikota mengakui, terdapat  2 desa yakni Ema dan Naku di Kecamatan Leitimur Selatan yang tidak mendapat bagian ini, bukan mereka tidak ada orang miskin baru, namun karena di 2 desa itu, masyarakatnya sudah menerima bantuan dari Pemkot Ambon maupun Kementerian Sosial, sehingga tidak terima lagi.

“Dua desa tersebut tidak bisa terima bantuan, dan bantuan itu kita alihkan ke desa yang lain, misalnya Desa Batu Merah, Desa Passo, Waiheru, Kudamati yang pada penduduknya,” jelasnya.

Dikatakan, bantuan dari Presiden RI ini akan dibagikan kepada warga masyarakat yang benar-benar belum pernah menerima bantuan sama sekali, baik dari Pemkot Ambon maupun dari Kementrian Sosial.

“Saya tegaskan, Pemkot Ambon tidak mau dengar bahwa ada warganya yang tidak mendapat bantuan apa-apa. Kami akan berkerja semaksimal mungkin, sehingga tidak ada satupun keluarga warga Ambon yang membutuhkan, tidak mendapat bantuan,”tegas Louhenapessy.

Sebelum penyerahan bantuan secara simbolis ke para camat se-Kota Ambon, walikota bersama Kepala Bulog Maluku, melakukan penandatanganan serah terima paket bantuan.

Wakil Walikota, Syarif Hadler dan Sekretaris Kota Ambon, A G Latuherru hadir menyaksikan pemberian bantuan itu, juga Wakapolresta Pulau Ambon dan Pp Lease, AKBP Agustinus C. T Suryanto, dan para Kapolsek yang ada di Kota Ambon (BB-DIO)