BERITABETA.COM, Bula — Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku bakal mempunyai jaminan masa depan kehidupan yang baik.

Hal tersebut diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT, Sidik Rumalowak dalam sambutannya pada acara pelepasan dan pentas seni siswa-siswi PAUD gugus I Kecamatan Bula yang digelar di Lantai II Gedung Wingkel, Kota Bula, Sabtu (8/6/2024).

Rumalowak menandaskan, dengan penegrian 57 PAUD di daerah itu pada beberapa waktu lalu menunjukkan keseriusan Pemerintah Daerah (Pemda) SBT melalui dinas teknis dan dibantu digerakkan oleh Bunda PAUD setempat telah berjuang membuka peta jalan pendidikan baru.

"Kami dari Pemda (Pak Bupati dan pak Wakil Bupati) lewat dinas teknis yang digerakkan juga oleh bunda PAUD, kami telah buka peta jalan pendidikan baru. Artinya bahwa, ada jaminan masa depan kehidupan bagi bapak dan ibu guru di sana," ungkap Sidik Rumolawak.

Ia menerangkan, penerimaan guru secara resmi yang diakui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bahwa setiap PAUD ini akan diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menurutnya, langkah ini telah disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT, tinggal para guru-guru PAUD di kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu menyiapkan diri untuk memperoleh hasilnya.

"Penerimaan guru resmi yang diakui Kementerian Pendidikan nanti bahwa, setiap PAUD ini akan diterima kedepan sebagai pegawai negeri maupun PPPK. Berarti hari ini kami telah menyiapkan jalan menuju kesana, tinggal bapak/ibu menyiapkan diri untuk bisa memperoleh hasil yang telah kita sama-sama lakukan pada hari ini," terangnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) SBT ini saat dikonfirmasi secara terpisah soal berapa banyak kuota PPPK bagi guru PAUD pada tahun 2024? Dia mengaku, berdasarkan formasi awal yang diinput berjumlah 66, namun data final yang diperoleh sebanyak 64 kuota.

"Sesuai data awal 66. Ini yang final terakhir 64," bebernya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten SBT, Yulia Misa Keliobas dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemda SBT, terutama Plt Kepala Dinas Dikbudpora SBT, Sidik Rumalowak dalam upaya menjawab segala bentuk kebutuhan pendidikan, mulai dari sarana prasarana, membuka peluang PPPK jenjang PAUD dan langkah cepat penegrian 57 PAUD swasta.

Plt Kepala Dinas Dikbudpora SBT, Sidik Rumalowak menyampaikan sambutan pada acara pelepasan dan pentas seni siswa-siswi PAUD gugus II Kecamatan Bula yang digelar di Lantai II Gedung Wingkel, Kota Bula, Sabtu (8/6/2024).
Bunda PAUD Kabupaten SBT, Yulia Misa Keliobas menyerahkan laporan hasil evaluasi kepada peserta wisuda PAUD (foto : beritabeta.com)


"Kami mengapresiasi Pemda, dalam hal ini Kepala Dinas Pendidikan SBT dalam menjawab segala kebutuhan pendidikan, sarana prasarana dan membuka peluang PPPK jenjang PAUD dan langkah cepat Penegrian 57 PAUD swasta," ucap Yulia Misa Keliobas.

Misa berharap, program tersebut kedepannya dapat dicapai dengan optimal, sehingga target penyediaan pendidikan yang berkualitas menjadi poin penting dari tujuan pembangunan berkelanjutan di kabupaten penghasil minyak bumi itu.

"Semoga progam ini kedepannya dapat dicapai dengan optimal, sehingga target penyediaan pendidikan yang berkualitas menjadi poin penting dari tujuan pembangunan berkelanjutan di SBT," harapnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi