BERITABETA.COM, Bula — Lima Bakal Calon (Balon) Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) telah mengambil formulir pendaftaran di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) setempat.

Kelima Balon Bupati itu yakni Asisten Pembangunan Perekonomian dan Kesra Kabupaten Tambrau Abdul Malik Kastella, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Mantan Anggota DPR-RI Rohani Vanath, Mantan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Mahyudin Rumata dan Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) SBT Teddy Sibualamo.

Ketua Tim Penjaringan PPP SBT, M. Rusly Kosso saat dihubungi beritabeta.com di Bula, Minggu (19/5/2024) mengungkapkan, sejak hari pertama pembukaan hingga hari ketiga ini, sudah lima Balon Bupati yang mengambil formulir pendaftaran.

"Sampai hari ketiga (hari ini), baru 5 bakal calon bupati yang mengambil formulir pendaftaran. Kelimanya adalah pak Malik Kastella, pak Idris Rumalutur, pak Mahyudi Rumata, ibu Rohani Vanath dan pak Teddy Sibualamo," ungkap M. Rusly Kosso.

Ia mengaku, khusus untuk Balon Wakil Bupati (Wabup), hingga kini masih sepi alias belum ada yang datang secara langsung atau mengutus tim untuk mengambil formulir pendaftaran di partai berlambang Ka'bah itu.

"Sampai sekarang Balon Wakil Bupati belum ada yang pengambilan formulir," akuinya.

Sebelumnya, Ketua DPC PPP Kabupaten SBT, Fathul Kwairumaratu menjelaskan, hari ini (Jum'at), partai yang dipimpinnya itu secara resmi membuka pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati SBT hingga tanggal 26 Mei 2024.

PPP sendiri tambah dia, sangat terbuka dan memberi kesempatan kepada semua putra dan putri terbaik kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu yang ingin berkompetisi pada ajang politik lima tahunan di daerah itu untuk berproses di PPP.

"Pendafatran dibuka hari ini sampai tanggal 26 Mei. Kami (PPP) membuka peluang yang sebesar-besarnya kepada putra-putri terbaik SBT yang mau mengambil rekomendasi PPP untuk maju dalam pesta politik SBT," jelasnya.

Anggota Komisi A DPRD SBT ini membeberkan, sesuai hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 lalu, PPP memiliki 2 kursi dari total 25 kursi di DPRD setempat.

Menurutnya, dengan modal 2 kursi dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 dan 2 itu, PPP bisa membantu mencukupi syarat dukungan lima kursi di DPRD setempat dalam Pilkada.

"Kita punya dua kursi yang bisa membantu teman-teman maju dalam pentas politik. Di SBT ini 25 kursi, kuotanya 5 kursi. Jadi PPP juga salah satu instrumen yang bisa membantu rekan-rekan dalam proses maju besok. Kalau menghargai PPP ya kita menghargai, kalau tidak menghargai PPP ya kita bicara lain lagi," bebernya.

Dia menegaskan, bagi PPP, komunikasi politik itu hal lumrah, namun paling terpenting adalah mengambil formulir dan melakukan pengembalian sesuai mekanisme partai.

"Prinsip kami adalah komunikasi politik itu biasa-biasa saja, yang penting adalah mengambil formulir dan mengembalikan," tegasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi