BERITAABETA.COM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah meluncurkan modul baru pada platform Jaringan Pencegahan Korupsi alias JAGA. Lembaga superbodi mendorong transparansi terkait Pajak Penerangan Jalan atau PPJ.

Peluncuran modul baru JAGA oleh Komisi Anti Rasuah ini masih dalam rangkaian peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Transparansi merupakan azas yang paling penting dalam pencegahan korupsi. Atas dasar tersebut, KPK meluncurkan modul JAGA PPJ,” kata Direktur Koordinasi Supervisi KPK Wilayah V Budi Waluya.

Dia mengemuakan, modul ini adalah wujud dari keterbukaan atas PPJ. [PPJ}, merupakan pajak atas penggunaan tenaga listrik mulai dari yang dihasilkan sendiri maupun diperoleh dari sumber lain.

Termasuk PPJ yang digunakan untuk menyediakan dan memelihara penerangan jalan oleh pemerintah daerah atau pemda.

“KPK menilai hal ini penting mengingat PPJ merupakan salah satu komponen pendapatan daerah yang tertinggi, selain komponen pajak daerah lainnya,” katanya.

Budi mengungkapkan dalam pelaksanaan PPJ ini sering terjadi permasalahan terkait nominal tagihan yang harus dibayarkan oleh pemda dan nilai PPJ yang harus disetor PLN ke pemda, karena data PPJ belum dibuka.

“Olehnya itu melalui PPJ berbasis digital pertama di Indonesia ini, KPK ingin mendorong peningkatan literasi dan edukasi publik,” kata Budi.

Dia menyebut ada dua dashboard pada platform JAGA. Yaitu yang dapat diakses oleh publik sebagai bentuk transparansi, dan dashboard untuk pemda.

Budi menguraikan, melalui dashboard JAGA ini pemda dapat mengakses data terkait total penggunaan listrik. Lima peringkat teratas golongan tarif listrik, nilai PPJ dari masing-masing komponen yang meliputi tagihan listrik, non tagihan listrik, prabayar, dan restitusi, serta riwayat pelunasan PPJ dan tagihan listrik pemda.

Diketahui, JAGA adalah sebuah platform digital berbasis mobile yang diinisiasi oleh KPK bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait.

Platform ini menyajikan data seputar informasi pelayanan publik dengan lima menu utama yaitu; sektor pendidikan, desa, kesehatan, perizinan, dan penanganan Covid-19.

Melalui lima menu ini memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses informasi pelayanan publik, sekaligus menyampaikan keluhan terkait pelayanan publik.

Untuk mengakses JAGA, masyarakat dapat masuk ke situs JAGA.ID atau mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store. (BB)

 

Editor: Redaksi