BERITABETA.COM – Kota Paris menjadi riuh. Bagai kehadiran seorang presiden baru, saat kedatangan mega bintang sepak bola Lionel Messi ke Paris Saint-Germain (PSG).

Lionel Messi resmi diumumkan sebagai rekrutan baru PSG pada Selasa (10/8/2021) atau Rabu dini hari WIB.

La Pulga, julukan Lionel Messi, bergabung ke PSG dengan status bebas transfer alias gratis setelah kontraknya bersama Barcelona habis pada 30 Juni 2021.

Ia dikabarkan akan mendapat gaji sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp 509 miliar per musim di luar bonus selama dua tahun ke depan.

Kehadirannya di PSG membuat Presiden Liga Perancis Vincent Labrune menyebut kedatangan Messi sebagai "peristiwa satu planet".

La Pulga datang disambut tiga peristiwa besar. Berikut beberapa kejadian yang disadur beritabeta.com dari beberapa sumber, saat kedatangan Messi di kota Paris :

Disambut Presiden Emmanuel Macron

Kehadiran Messi ke PSG telah membuat riuh warga di ibu kota Prancis. Kedatangan Messi membuat beberapa jalan di Paris harus ditutup dan sejumlah petugas keamanan disiagakan di beberapa titik.

Bahkan, Presiden Prancis Emmanuel Macron secara langsung ikut menyambut kedatangan Messi. Kehebohan ini menjadikan PSG dan Liga Prancis saat ini menjadi pusat perhatian.

Pria kelahiran Rosario itu tiba di ibukota Prancis pada siang hari waktu setempat. Selesai menyapa fan PSG di Bandara Paris-Le Bourget, Messi langsung lanjut ke Rumah Sakit American de Neuilly guna menjalani tes medis sebagai salah satu persyaratan transfer. Sebuah video mengabadikan momen ketika polisi mengawal mobil yang membawa Messi menuju rumah sakit.

Beberapa polisi terlihat 'membersihkan' jalanan agar laju Messi tidak terjebak kemacetan. Karena mendapat pengawalan begitu istimewa, warganet berkomentar dengan mengatakan bahwa La Pulga bak presiden yang sedang mengadakan kunjungan.

Keputusan untuk menggunakan pengawalan terbilang wajar karena ribuan suporter PSG ingin berinteraksi atau sekadar melihat Messi.

Jersey PSG Laris Manis

PSG merilis video pembukaan resmi, angka yang dramatis, sekitar pukul 21:15 waktu setempat. Lionel Messi akan memakai nomor 30, nomor yang ia kenakan pertama kali di Barcelona. Ia membiarkan Neymar mempertahankan nomor 10.

Kepastian bintang Argentina Lionel Messi memperkuat PSG disambut positif suporter mereka. Fans langsung menyerbu toko resmi klub untuk memburu jersey nomor 30 yang akan dipakai Messi.

Jersey La Pulga yang dibanderol seharga 92 poundsterling atau sekitar Rp1,8 juta itu terjual habis di toko online klub Les Parisiens.

Penyerbuan seperti ini pernah terjadi ketika PSG mengumumkan Neymar sebagai bagian skuad mereka pada 2017. Kala itu, berhasil menjual 10 ribu jersey Neymar dalam satu hari. Bahkan, mereka tidak bisa menambah jumlah jersey dalam beberapa pekan, menyusul tingginya minat pembeli.

Laman LCI mewartakan, situasi serupa juga dipastikan bakal terjadi pada jersey Messi. Penantian fans selama beberapa hari membuat mereka langsung menyerbu laman resmi klub untuk membeli jersey sang megabintang satu jam setelah penandatanganan kontrak, Selasa (10/8) malam waktu setempat.

Akibatnya, stok jersey nomor 30 pun ludes terjual hanya selama 30 menit. Fans yang tidak kebagian lalu  berbondong-bondong menyerbu toko resmi klub di Champs-Elysees, Rabu (11/8) pagi waktu setempat.  Antrian sudah muncul sebelum toko resmi dibuka pada pukul 09:30.

Followers Instagram PSG Naik 20 Juta

Bukan saja jersey nomor 30 yang diburu fans Messi, Followers Instagram PSG juga dikabarkan naik 20 juta sejak kedatangan megabintang asal Argentina ini, Rabu (11/8) dini hari WIB.

Pamor Lionel Messi sukses menggiring 20 juta pengikut baru untuk Instagram PSG dan menjadikan followers IG Les Parisiens bertambah menjadi 40 juta hanya beberapa jam setelah kedatangan La Pulga.

Efek kedatangan peraih enam Ballon d'Or juga mempengaruhi peningkatan followers akun twitter PSG.

Terhitung sejak isu Messi ke PSG semakin berkembang mulai 6 Agustus 2021, followers baru akun twitter PSG bertambah dari 600 akun baru per hari hingga 8.500 followers baru per hari .

"Kedatangan Lionel Messi ke Paris Saint-Germain adalah peristiwa satu planet," ujar Labrune, seperti dikutip Footmercato.

"Ini adalah hari bersejarah bagi sepak bola Perancis dan Ligue 1." "Lionel Messi adalah legenda sepak bola yang, bersama Pele dan Diego Maradona, membuat sejarah dalam olahraga kita," ujar Presiden LFP Vincent Labrune.

"Ini adalah kesempatan fantastis bagi fans sepak bola Perancis dan semua pencinta sepak bola yang bisa melihat pemain terbaik di dunia dalam stadion-staion dan televisi kami."

Selain itu, Labrune juga berkata kehadiran Messi bakal meroketkan popularitas Liga Perancis. "Ini adalah berita fantastis bagi paparan Liga Perancis ke skala internasional," tuturnya.

Menurutnya, kehadiran para pemilik dari Qatar sejak 2011 menjadikan institusi tersebut sebagai salah satu yang terbesar di dunia sepak bola.

"Atas nama sepak bola profesional Perancis, saya ingin berterima kasih ke Nasser Al-Khelaifi untuk membuat mimpi ini jadi nyata." "Messi adalah magis." (*)

Editor : Redaksi