BERITABETA.COM  - Suka minum kopi? Jika Anda merupakan penikmat kopi pastinya sudah tahu seperti apa reaksinya. Kopi termasuk salah satu pendorong energi yang hebat. Selain rendah kalori, kopi hitam juga merupakan minuman ramah penurun berat badan dan memiliki banyak manfaat.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi secangkir kopi secara teratur meningkatkan pengelolaan berat badan yang sehat dalam jangka panjang.

Berikut lima manfaat kopi untuk membantu mempercepat penurunan berat badan, seperti dilansir dari Times of India.

Meningkatkan Metabolisme

Penurunan berat badan juga bisa sangat bergantung pada seberapa cepat atau lambat metabolisme. Meskipun ada beberapa cara alami untuk meningkatkan metabolisme, kopi salah satu penguat yang bagus.

Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Food Science and Nutrition telah menetapkan kafein secara umum bekerja menyeimbangkan indeks massa tubuh dan mempercepat metabolisme secara efisien.

Minuman Sebelum Olahraga

Jika mencari minuman energi yang sangat baik untuk mendorong latihan, Anda butuh kopi. Pengamat menyarankan minum kopi pahit minimal 30 menit sebelum berolahraga. Konsumsi kopi sebelum latihan dapat membantu menurunkan lemak lebih cepat. Selain itu, kopi juga memberi banyak energi untuk berkeringat lebih banyak.

Menekan Nafsu Makan

Aturan nomor satu untuk mendorong penurunan berat badan adalah membakar lebih banyak kalori atau defisit kalori. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi karbohidrat yang lebih rendah dengan hati-hati atau makan dalam porsi sedang. Yang terpenting, kurangi konsumsi makanan yang tidak berguna. Minum kopi merupakan salah satu cara untuk melakukannya.

Konsumsi kafein pada siang hari terbukti dapat menurunkan asupan energi dan mendorong pengosongan lambung. Sederhananya, minum secangkir kopi sebelum makan dapat membuat kenyang dan makan lebih sedikit.

Antioksidan Alami

Kafein berlebih mungkin berdampak buruk tetapi perlu diingat kopi kaya antioksidan. Antioksidan membantu menghancurkan radikal bebas yang bertanggung jawab atas penumpukan lemak, regenerasi sel baru, serta fungsi vital yang optimal.

Polifenol, terutama yang ada dalam kafein, menurut para ahli sangat ramah terhadap proses penurunan berat badan.

Jenis Kopi

Setelah menjelaskan manfaat minum kopi untuk menurunkan berat badan, ingatlah semuanya tergantung pada jenis kopi yang disukai. Jika preferensi kopi melibatkan bungkus gula atau buih krim, pertimbangkan untuk segera mengubahnya.

Untuk menghilangkan lemak dan kesehatan yang optimal, sangat ideal untuk mengonsumsi kopi hitam atau kopi hijau. Jika suka menambahkan susu, sedikit susu nabati atau biasa tidak apa-apa.

Ingatlah untuk mengonsumsi maksimal 2-3 cangkir sehari untuk menghindari masalah pencernaan dan efek samping lain dari terlalu banyak kafein (BB-RED)