BERITABETA.COM, Bula — Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Seram Bagian Timur [SBT] kembali menorehkan prestasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah itu.

Selain mendapat opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia [BPK-RI], kali ini Kabupaten SBT meraih predikat 'sangat baik' dalam penyelenggaraan kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia [ANRI] yang diterima langsung oleh Kepala Dinas [Kadis] Perpustakaan dan Kearsipan SBT Sumarno Sagala di Banyuwangi pada 23 Mei 2023.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan SBT Sumarno Sagala kepada beritabeta.com di Bula, Rabu (07/06/2023) mengungkapkan, penilaian ANRI ini menempatkan kabupaten yang dipimpin bupati dan wakil bupati SBT [Abdul Mukti Keliobas - Idris Rumalutur] itu menjadi sangat baik di Provinsi Maluku dengan nilai BB.

"Penilaian kearsipan oleh ANRI itu, SBT termasuk kategori yang terbaik di Provinsi Maluku dengan nilai sangat baik atau BB," ungkap Sumarno Sagala.

Sagala menjelaskan, penilaian ANRI terkait arsip daerah itu ada dua kategori yakni penyelenggaraan kearsipan dan pengelolaan kearsipan.

Penyelenggaran kearsipan tambah dia, meliputi kebijakan daerah dalam kearsipan, anggaran, infrastruktur, kebijakan program, Sumber Daya Manusia [SDM] termasuk sarana dan prasarana kearsipan.

"Memang kita di SBT soal arsip ini masih jauh dari harapan, tapi penilaian ini bukan berdasarkan kita mengelola arsip saja, tapi banyak indikator yang dinilai. Mungkin kita di SBT bisa melampaui itu dari 10 kabupaten/kota ples Provinsi Maluku," jelasnya.

Ia menganggap, capaian yang diraih saat ini sebagai prestasi sekaligus tantangan bagi kabupaten penghasil minyak bumi itu untuk kedepan bisa mempertahankan atau meraih nilai memuaskan dan sangat memuaskan.

"Biasanya kalau penghargaan kaya begini, pertama itu prestasi, kedua itu tantangan bagi kita untuk kedepan apakah kita tetap bisa mempertahankan ini malam baik atau ditingkatkan," ucapnya.

Dia mengaku, usai menerima piagam tersebut, saat kembali ke SBT, pihaknya langsung menggelar rapat bersama staf untuk terus berbenah agar bisa mencapai nilai A (memuaskan) dan AA (sangat memuaskan).

"Sekarang ini pada level sangat baik (BB), masih ada dua kategori lagi, yaitu A dan AA (memuasakan dan sangat memuaskan). Setelah saya kembali itu, saya rapat dengan staf, ini harus kita pertahankan untuk dua kategori itu kita capai," pungkasnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi