BERITABETA.COM, Ambon — Sebagai klub sepakbola kebanggaan Maluku dan Kota Ambon yang memiliki nama besar, Pemerintah Kota [Pemkot] Ambon berkomitmen untuk kembali membangkitkan klub Persatuan Sepakbola Ambon [PSA].

Hal itu diungkapkan Penjabat [Pj] Walikota Ambon Bodewin M Wattimena saat membuka Turnamen Sepakbola Komandan Lantamal [Danlantamal] IX Cup, di Lapangan Sepakbola Lantamal IX Halong, Jumat (9/9/2022).

Wattimena mengungkapkan, PSA merupakan klub legendaris yang memiliki nama besar dan ditakuti lawan, namun saat ini sudah tidak terdengar.

"Walaupun belum sampai kompetisi Divisi I, tapi minimal orang dengar nama PSA mereka sedikit gentar, tetapi sekarang muncul banyak klub sepakbola yang setidaknya dapat mengharumkan nama kota Ambon,” ungkap Bodewin M Wattimena.

Alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri [IPDN] ini menandaskan, upaya untuk membangkitkan PSA telah dilakukan dengan koordinasi dengan berbagai pihak di daerah ini.

"Bukan berarti klub sepakbola yang lain tidak diperhatikan, tetapi menjadi bagian dari potensi dan pembinaan atlet sepakbola di Maluku dan Kota Ambon," tandasnya.

Sekretaris DPRD Maluku ini mengaku, Pemkot Ambon terus mendukung pembinaan atlet, terutama melalui berbagai turnamen.

Upaya itu, lanjutnya, tidak dapat dikerjakan oleh Pemkot saja namun oleh semua pihak termasuk Asprov PSSI, atlet, klub, wasit, dan pelatih harus ada dalam semangat yang sama untuk memajukan sepakbola.

“Tentu kita berharap dari turnamen yang diselenggarakan akan terseleksi atlet yang berkualitas dan profesional yang nantinya dapat mewakili Maluku dalam Pra PON tahun depan.” ujarnya. (*)

Pewarta : Febby Sahupala