BERITABETA.COM, Ambon – Berkesempatan mengunjungi Dusun Eli Besar, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Anggota DPR RI, Dapil Maluku Saadiah Uluputty ST menaruh harapan besar agar dusun dengan mayoritas penduduk berprofesi sebagai nelayan ini ditetapkan sebagai Kampung Nelayan Maju oleh pemerintah.

Anggota Komisi IV DPR RI ini mengatakan, Dusun Eli Besar sangat tepat untuk dijadikan sebagai Kampung Nelayan Maju.

“Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Namun dusun ini ini masih belum tertata dan jauh dari sejahtera. Jadi saya kira gagasan Kampung Nelayan Maju ini untuk mengubah kampung nelayan dari kesan miskin dan kumuh menjadi lebih maju dan tertata dengan baik,” kata Uluputy di Ambon, Senin (1/5/2023).

Politisi PKS Maluku yang sempat melakukan kunjungan ke dusun Eli Besar pada Kamis, 27 April 2023 lalu mengaku, masyarakat Dusun Eli Besar yang berada di pesisir membutuhkan sentuhan pemerintah agar taraf ekonominya meningkat.

“Saya pikir Kementerian Kelautan dan Perikanan mesti merespons usulan ini. Dan saya akan suarakan di rapat komisi nantinya. Konsep ini sebagai langkah inovatif untuk peningkatan kualitas hidup serta perekonomian masyarakat pesisir Eli Besar,” bebernya.

Anggota DPR RI Dapil Maluku ini menambahkan, penetapan Kampung Nelayan Maju untuk Dusun Eli Besar akan memberi dampak positif. Tak hanya perbaikan bangunan fisik, tapi juga pemberdayaan dan peningkatan kapasitas nelayan di Eli Besar dapat digenjot.

Dilain sisi, pembagunan infrastruktur bagi nelayan maupun program – program edukasi dan pemberdayaan pastinya akan dilakukan terhadap para nelayan.

“Konsep Kampung Nelayan Maju ini juga akan mendekatkan masyarakat Dusun Eli Besar dengan percepatan pembangunan berbasis pada sektor perikanan,” urainya.

Selain itu, kata Uluputty, upaya mengintegrasikan seluruh program-program terkait pemberdayaan dan perlindungan bagi nelayan, perluasan akses dan penyiapan infrastruktur mesti dipikirkan pada dusun – dusun di wilayah Pesisir Huamual Kabupaten SBB (*)

Editor : Redaksi