BERITABETA.COM, Masohi – Sebanyak 15 rumah warga dan bangunan masjid di Negeri Pasahari, Kecamatan Seram Utara Maluku Tengah (Malteng), mengalami rusak berat diterjang gelombang pasang, Selasa sore 22 Februari 2022.

Salah satu pemuda Pasahari Samiun Ngidiho kepada Beritabeta.com via telepon selulernya mengaku gelombang pasang disertai angin kencang yang melanda desa tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIT, kejadian ini berlanjut sampai dengan pukul 24.00 WIT.

“Ada 15 rumah warga yang berada di pesisir pantai, mengalami rusak berat. Masjid juga megalami rusak di bagian dinding karena roboh dan lantainya rusak berat,” kata Samiun Ngidiho Rabu (23/2/22).

Akibat dari kejadian ini, warga yang rumahnya mengalami kerusakan, mengungsi di balai desa untuk sementara waktu.

“Sekarang masyarakat korban bencana alam mengungsi di Balai Desa Negeri Pasahari, tidak ada korban jiwa hanya kerugian material saja, Sampai saat ini belum ada peninjauan dari Pemerintah Daerah,” ujarnya. 

Selain itu kata Ngidiho, talud penahanan ombak juga mengalami rusak parah. Dari kejadian ini perahu nelayan yang biasanya berada didekat pantai,  dipindahkan sampai ke dalam pemukiman warga, jauh dari genangan air laut yang naik kepemukiman sekitar 100 meter dari pantai. 

Sementara Kepala BPBD Malteng  Abdul Latif Key saat dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan, Tim dari BPBD Malteng sementara menuju kelokasi dampak bencana, untuk meninjau langsung kerusakan yang terjadi akibat dari terjangan gelombang pasang itu.

“Tim BPBD sementara menuju lokasi, data nanti kita peroleh setelah melakukan pendataan di lokasi,”singkatnya (*)

Pewarta : Fandi Ahmad