BERITABETA.COM, Ambon - Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Maluku Inspetur Jenderal Polisi [Irjen Pol] Lotharia Latif bersama jajarannya mengunjungi kampus IAIN Ambon pada Kamis, (31/03/2022).

Kehadiran Kapolda Maluku dan jajarannya di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, diterima oleh Rektor IAIN Ambon Dr. Zainal Abidin Rahawarin, beserta seluruh unsur pimpinan kampus berjuluk hijau tersebut.

Mereka kemudian melaksanakan pertemuan di Ruang Kerja Rektor IAIN Ambon. Rector dan Kapolda saling memperkenalkan jajarannya masing-masing.

Rektor merasa bangga dan bahagia karena telah dikunjungi oleh Kapolda Maluku beserta pimpinan jajaran Polda Maluku.

Ia memperkenalkan seluruh jajaran pimpinan kampus IAIN Ambon mulai dari Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Dekan, Ketua LPM hingga Kabag, yang hadir mendampinginya menyambut kunjungan Kapolda dan rombongan.

Rektor mengaku, kerjasama IAIN Ambon dengan Polda Maluku sudah berlangsung lama. Kerjasama itu terealisasi melalui kegiatan bersama antara IAIN Ambon dengan Polda Maluku.

Ia berharap, dengan kunjungan Kapolda Maluku ini terus ditingkatkan untuk bersama-sama merealisasikan program kerja antar kedua instansi guna mendukung program pemerintah daerah maupun nasional, termasuk cakupannya dengan peningkatan instabilitas keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Rektor menerangkan, prospek pembangunan IAIN Ambon terus ditingkatkan dari bidang sumber daya manusia hingga sarana dan prasarana.

"Insha Allah, dalam waktu yang tidak lama lagi, kami sudah dialihkan ke Universias Islam Negeri,” ungkapnya.

Rector mengaku, kesiapan sumber daya manusia, sarana dan prasarana, perluasan area kampus hingga penambahan program studi baik di bidang keagamaan maupun bidang umum hingga kini terus ditingkatkan oleh IAIN Ambon.

“Kami terbuka secara umum untuk menerima semua orang. Kami juga memiliki program studi yang semua orang dapat kuliah di kampus ini," timpal Rektor.

Sementara itu Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif juga merasa bangga karena telah melawat ke kampus berjuluk hijau itu.

Kapolda kemudian memperkenalkan para pejabat jajaran Polda Maluku di hadapan Rektor IAIN Ambon beserta jajarnnya.

Ia sepakat serta mendukung kerjasama antar kedua institusi seperti yang telah disampaikan oleh Rektor. Kapolda berujar, selama dibutuhkan maka ia selalu siap untuk membantu IAIN Ambon.

Jajaran Pimpinan Polda Maluku dan IAIN Ambon pose bersama Rektor IAIN Ambon Dr Zainal Abidin Rahawarin, dan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.
Jajaran Pimpinan Polda Maluku dan IAIN Ambon pose bersama Rektor IAIN Ambon Dr Zainal Abidin Rahawarin, dan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

Dukungan dimaksud mulai dalam bentuk sumber daya manusia, maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Bahkan Jenderal Polri bintang dua ini pun merasa bangga, dapat terlibat langsung untuk mendukung transformasi peningkatan program pendidikan di Maluku bersama IAIN Ambon.

Jika tak ada aral, Kapolda pun mendukung, kerjasama tersebut juga dapat ditingkatkan untuk program peningkatan sumber daya manusia pada kedua institusi.

Selain menjelaskan peran dan fungsi Polda Maluku dalam peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat hingga penegakan hukum terkait berbagai persoalan keamanan di Maluku, mantan Kapolda NTT ini menyebut para pimpinan di lingkup Polda Maluku saat ini banyak atau didominasi oleh putra daerah asal Maluku.

Ia berharap, para putra daerah tersebut dapat bersama dengan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban demi menjadikan provinsi berjuluk seribu pulau ini lebih baik kedepan.

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam ini berakhir dengan saling baku tukar cendramata antara Kapolda Maluku dan Rektor IAIN Ambon, serta pose bersama jajaran pimpinan dua intitusi tersebut.  (BB)

 

Editor : Redaksi