BERITABETA.COM, Ambon - Upaya mewujudkan Provinsi Maluku sebagai kawasan Lumbung Ikan Nasional (LIN), berbagai perisapan utamanya infrastruktur LIN harus disiapkan sejak dini. Termasuk Ambon New Port dan sumber daya manusia.

Agenda kunjungan kerja Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan alias LBP, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kota Ambon Kamis (07/10/2021), bertemu Gubernur Maluku Murad Ismail untuk membahas LIN, termasuk pembangunan Pelabuhan Baru Ambon atau Ambon New Port.

"Sepanjang itu dilakukan untuk kepentingan nasional, tidak ada conflict of interest, just do it. Tak akan ada masalah. Kalau mau maju, ya kita harus ubah pola pikir dan mau kolaborasi,” kata Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, saat membuka rapat bersama Menhub dan Gubernur Maluku di Ambon.

Menko Marves, hal tersebut diperlukan kerja sama yang harmonis dan kolaboratif untuk Indonesia. Dia menyebut, Kota Ambon saat ini membutuhkan “sentuhan” dari Pemerintah Pusat.

“Saya ke sini [Ambon] untuk mendengarkan permasalahan, dan menentukan langkah-langkah selanjutnya. Karena Ambon membutuhkan dukungan Pemerintah Pusat,” timpal dia.

Dia menilai, pembangunan Pelabuhan Baru di Ambon [Ambon New Port] sangat diperlukan, mengingat lokasi Pelabuhan Ambon berada di daerah pusat perdagangan, pemukiman, dan fasilitas umum lainnya.

Dia mengatakan, Pelabuhan Baru Ambon akan diintegrasikan dengan pusat kegiatan perikanan, termasuk dirancang untuk mewujudkan Provinsi Maluku menjadi LIN.

Program ini, lanjutnya, perlu didorong agar dapat meningkatkan jumlah ekspor. Selebihnya, dalam jangka panjang dapat menghadirkan multipplier effect yang mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Menhub Budi mengatakan, sebagai wilayah dengan produksi ikan yang melimpah, dalam pembangunan pelabuhan baru tersebut mengalami beberapa pemasalahan.

Seperti pelabuhan kargo dan petikemas eksisting yang akan mencapai kapasitas maksimum dalam 10-15 tahun mendatang.

Termasuk padatnya akses keluar dan masuk di Teluk Ambon, dan perlabuhan perikanan yang telah melebihi kapasitas.

Oleh karena itu, kata dia, dirancanglah Pelabuhan Baru Ambon yang mengusung konsep pelabuhan terintegrasi.