BERITABETA.COM, Ternate — Untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggang di Kota Ternate, PT. PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) mengaktifkan gardu hubung perkim.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam rilisnya yang diterima beritabeta.com, Selasa (11/6/2024) mengungkapkan, pembangunan daerah ini salah satunya didukung dengan akses energi listrik yang berkeadilan bagi masyarakat.

Untuk itu kata dia, di momentum Idul Adha ini, PLN optimis dengan upaya yang sudah dilakukan dengan target masyarakat harus menikmatinya dengan pemenuhan kebutuhan listrik yang memadai.

"Pembangunan daerah ini salah satunya didukung dengan akses energi listrik yang berkeadilan bagi masyarakat. Di momen Idul Adha, kami optimis dengan upaya yang sudah dilakukan, masyarakat juga harus menikmatinya dengan pemenuhan kebutuhan listrik yang memadai," ungkap Awat Tuhuloula.

Awat berharap, masyarakat Kota Ternate yang merayakan hari raya Idul Adha bisa memaknai momen ini dengan sebaik-baiknya bersama keluarga dan kerabat.

Dia juga mengimbau, saat terjadi gangguan kelistrikan agar segera dilaporkan melalui aplikasi PLN Mobile.

"Terakhir, bagi petugas lapangan untuk tetap menerapkan budaya K3," ucapnya.

Asisten Manager Bagian Jaringan dan Konstruksi, Suparman menjelaskan, selain memperkuat keandalan sistem, gardu hubung Perkim juga mengakomodir cepatnya manuver penormalan sistem.

Menurutnya, dengan adanya gardu hubung itu memungkinkan petugas PLN melakukan perawatan, pemeliharaan atau peningkatan pada jaringan distribusi pada kawasan ini tanpa mengganggu pasokan listrik yang terhubung ke pelanggan.

"Selain memperkuat keandalan sistem, GH Perkim juga mengakomodir cepatnya manuver penormalan sistem. Yang artinya dengan adanya GH ini juga memungkinkan petugas PLN untuk melakukan perawatan, pemeliharaan atau peningkatan pada jaringan distribusi pada kawasan ini tanpa mengganggu pasokan listrik yang terhubung ke pelanggan," terang Suparman.

Suparman menambahkan, pengerjaan ini juga dipersiapkan agar gardu hubung Perkim Kota Ternate dapat mengakomodir Stadion Kie Raha yang akan aktif dalam waktu dekat, seiring dengan Maluku United FC masuk ke Liga 1 Indonesia. 

Paralel dengan aktivasi gardu hubung Perkim, pekerjaan Pemeliharaan Jaringan juga dilakukan dengan memangkas pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik. Pekerjaan ini rutin dilakukan untuk menghindari kerusakan jaringan yang dapat mengganggu keandalan sistem ketenagalistrikan.

"Seluruh pekerjaan dilakukan dengan kontrol K3 yang ketat dan menjadi perwujudan PLN UP3 Ternate dalam memberikan pelayanan terbaik dengan berkomitmen pada keselamatan," pungkasnya. (*)

Editor : Redaksi