BERITABETA.COM, Bula — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) resmi menutup pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) pada pukul 08.00 WIT malam ini.

Wakil Ketua DPC PPP Kabupaten SBT, Idrus Wakano kepada wartawan di sekretariat DPC PPP SBT, Minggu (26/5/2024) malam mengungkapkan, sejak awal pembukaan pendaftaran, ada delapan Balon Bupati dan dua Wabup yang mengambil formulir di PPP.

Wakano membeberkan, kedelapan Balon Bupati itu yakni Abdul Malik Kastella, Fachri Husni Alkatiri, Agil Rumakat, Rohani Vanath, Teddy Sibualamo, Mahyudin Rumata, Sitti Umuriyah Suruwaky dan Idris Rumalutur.

Sementara dua Balon Wabup yakni Kisman Kilian dan Enver Abdullah Rumarey Wattimena yang merupakan salah satu kader PPP.

"Balon Bupati yang mengambil formulir ada delapan orang dan dua Balon Wakil Bupati. Balon Bupati yang mengambil formulir di PPP itu Malik Kastella, Fachri Alkatiri, Agil Rumakat, Rohani Vanath, Teddy Sibualamo, Mahyudin Rumata, Sitti Umuriyah Suruwaky dan Idris Rumalutur. Sementara Balon Wakil yang mengambil formulir di PPP itu hanya dua orang, Kisman Kilian dan Enver Abdullah R. Wattimena," ungkap Idrus Wakano.

Anggota DPRD SBT yang terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 itu menandaskan, dari delapan Balon Bupati yang mengambil formulir pendaftaran sejak awal pembukaan sampai penutupan ini, hanya tujuh orang mengembalikan formulir. Sedangkan untuk Balon Wabup, keduanya telah melakukan pengembalian.

"Untuk Balon Bupati yang melakukan pengembalian dari delapan orang yang mengambil formulir, hanya tujuh Balon Bupati yang melakukan pengembalian. Satu yang tidak itu ibu Sitti Umuriyah Suruwaky," tandasnya.

Dia menegaskan, semua Balon Bupati dan Wabup yang sudah melakukan pengembalian di PPP setempat akan dibawa dalam rapat harian untuk selanjutnya dibawa ke Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPP Maluku.

Nantinya di DPW PPP Maluku tambah dia, akan dilakukan penyaringan terhadap delapan nama tersebut untuk merekomendasikan tiga nama kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP di Jakarta.

"Semua nama yang melakukan pengembalian di PPP akan dikirim ke DPW untuk ditentukan tiga nama sesuai Pedoman Organisasi (PO) nomor 13. Jadi kewenangan DPC dan tim penjaringan hanya pada level melakukan pendaftaran, setelah itu dikirim ke DPW. Nanti DPW akan mengeluarkan rekomendasi dari semua nama ini dikerucurkan menjadi tiga nama untuk dikirim ke DPP," tegasnya.

Ia mengemukakan, semua Balon Bupati dan Wabup yang berproses di partai berlambang Ka'bah itu adalah putra-putri terbaik kabupaten bertajuk 'Ita Wotu Nusa' itu.

Kendati demikian, DPC PPP SBT sebagai struktur partai pada tingkat kabupaten sangat berharap agar DPW dan DPP PPP bisa bersifat arif memberikan rekomendasi dan bijaksana dalam melihat Balon Bupati yang ada untuk kepentingan PPP dan kemaslahatan umat pada lima tahun kedepan.

"Yang pasti semua ini putra-putri terbaik SBT. DPC PPP SBT dalam posisinya sebagai struktur partai di level kabupaten berharap DPW dan DPP bisa arif memberikan rekomendasi, bijaksana melihat calon bupati yang ada, pertama untuk kepentingan PPP dan yang terpenting adalah untuk kemaslahatan umat lima tahun kedepan," timpalnya.

Mantan Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon itu sangat berharap agar dalam pengambilan keputusan, DPW dan DPP PPP juga meminta pertimbangan dari DPC PPP SBT.

"Katong (kami) berharap DPP dan DPW juga bisa meminta pertimbangan DPC dalam proses pengambilan keputusan," harapnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi