BERITABETA.COM, Bula — Bakal Calon (Balon) Bupati Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Agil Rumakat, Teddy Sibualamo dan Idris Rumalutur mengikuti Fit and Proper Test atau uji kelayakan dan kepatutan di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Maluku.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kabupaten SBT, Idrus Wakano mengungkapkan, sesuai jadwal, fit and proper test ini berlangsung selama empat hari, dimulai pada hari Rabu kemarin hingga hari sabtu.

Idrus membeberkan, pada hari pertama itu Agil Rumakat dan Teddy Sibualamo sudah hadir mengikuti fit and proper test. Sedangkan Idris Rumalutur baru pada hari ini.

"Jadwalnya itu empat hari, rabu sampai hari sabtu untuk semua kabupaten/kota. Untuk SBT sendiri, kemarin hari pertama itu dua calon, yang pertama pak Agil Rumakat, kedua pak Teddy Sibualamo. Hari ini pak Idris Rumalutur," ungkap Idrus Wakano kepada wartawan melalui telepon seluler dari Kota Ambon, Kamis (27/6/2024).

Dia menandaskan, jadwal pada hari jumat besok ini hanya Abdul Malik Kastella dan Mahyudin Rumata. Sementara Rohani Vanath dan Fachri Husni Alkatiri dijadwalkan pada hari terakhir.

"Nanti besok hari jumat pak Malik Kastella dan pak Mahyudin Rumata. Sementara hari sabtu itu nanti ibu Rohani Vanath dan pak Fachri Husni Alkatiri. Semua balon bupati konfirmasi hadir sesuai jadwal," tandasnya.

Anggota DPRD SBT terpilih ini menjelaskan, semua Balon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar di PPP diundang ke DPW PPP Maluku untuk mengikuti fit and proper test, termasuk dua Balon Wakil Bupati SBT, Kisman Kilian dan Abdullah Enver Rumarey Wattimena.

Ia mengaku, Abdullah Enver Rumarey Wattimena sudah mengkonfirmasi akan hadir pada hari Jumat atau sabtu. Sementara Kisman Kilian belum diketahui pasti, sebab saat ini dia masih berada di Pulau Gorom.

Kendati demikian, mantan Ketua KPU SBT itu mengupayakan untuk hadir mengikuti tahapan kegiatan Partai Politik (Parpol) itu, sehingga PPP akan menyesuaikan jadwal untuknya.

"Wakil juga diundang. Bapak Dulla Wattimena terkonfirmasi hadir di hari jumat atau sabtu. Tapi pak Kisman posisinya masih di Gorom, antua upayakan untuk hadir mengikuti fit and proper test. Kami akan menyesuaikan jadwalnya beliau," akuinya.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon itu menambahkan, jika belum hadir hingga melewati jadwal yang ditentukan, DPC PPP Kabupaten SBT akan mendiskusikan hal ini lebih lanjut dengan DPW PPP Maluku.

"Kalau lewat dari waktu itu maka nanti kita lihat, kami akan diskusikan lanjut dengan DPW apakah ada ruang untuk balon wakil yang dimaksud," tambahnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi