BERITABETA.COM, Ambon -  PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SKPLU) berkapasitas 7 kilo Watt (kW) di Ambon City Center (ACC), pada Senin (15/7/2024).

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula menyampaikan bahwa peresmian ini menjadikan SPKLU ACC sebagai stasiun pengisian yang pertama dibangun di lokasi pusat perbelanjaan atau mall se-Indonesia Timur.

“Pembangunan SPKLU ini yang pertama di mall Indonesia Timur. Untuk itu, kami mengucapkan terimakasih atas kerja sama tim ACC dalam proses pembangunan SPKLU ini,” ujar Awat, Senin (15/7/2024).

Adapun membangunan SPKLU ACC ini sudah melalui proses survey dan perhitungan PLN UIW MMU. Menurut Awat, lokasi yang strategis memudahkan masyarakat pengguna kendaraan listrik atau electric vehicle memperoleh akses pengisian energi atau recharging baterai kendaraan mereka.

“Begitu datang berbelanja, sambil santai sambil ngecas tanpa harus macet. Waktunya juga bisa digunakan bebas belanja sambil mengecas kendaraan listriknya di SPKLU yang disediakan di ACC ini,” sambungnya.

Lebih jauh Awat menerangkan, hingga 2024 ini, animo masyarakat pengguna kendaraan listrik semakin meningkat di wilayah kerjanya. Di Ambon, Maluku sendiri tercatat telah ada sekitar 12 pengguna kendaraan mobil listrik, diikuti dengan ratusan motor hingga sepeda listrik.

“Kami terus mendorong masyarakat untuk beralih dari penggunaan energi fosil ke energi yang lebih ramah lingkungan. Yakni, salah satunya melalui pembangunan SPKLU ini,” sebut Awat.