BERITABETA.COM, Ambon — Anggota DPRD Provinsi Maluku, M.  Hatta Hehanussa menggelar reses di Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Reses kali ini berbeda dari sebelum-sebelumnya, Politisi Partai Hati Nurasi Rakyat (Hanura) itu mengaku, pemberdayaan di kalangan generasi muda menjadi program utamanya dalam agenda reses.

“Ini sangat urgent, karena banyak generasi muda yang hari ini mencoba untuk membangun kreativitas mereka, namun terbatas dengan kondisi mereka yang ada. Contohnya, tukang ojek karena memang tidak ada pilihan lain," ungkap Hehanussa kepada beritabeta.com, Jumat (17/9/2021). 

Politisi Partai Gerindra ini menilai di Kabupaten SBB memiliki banyak potensi yang harus digali oleh generasi muda, baik pada sektor pertanian, perikanan maupun potensi-potensi yang lain. 

Menurutnya, hal-hal seperti ini harus bisa didiskusikan, agar generasi muda bisa melahirkan inovasi-inovasi kreatif, untuk potensi-potensi yang ada di lingkungan mereka, agar bisa dijadikan suatu produk yang bisa dipasarkan. 

"Contoh kecil saya lihat di sini, untuk produk-produk lokal seperti usaha kripik pisang, yang dijual di kapal feri, itu hanya dikemas dalam tas plastik biasa. Nah, ini tentunya tidak menjamin. Makanya, kita akan mengajari mereka merubah pola pikirnya. Mungkin awalnya kemasannya biasa saja, kita buat kemasan khusus. Dan ini akan kita bantu lewat aspirasi kita," katanya.

Bukan hanya itu, menurut dia, terkait juga dengan kelompok-kelompok pertanian yang berada di lingkungan. Dia mengatakan, di kilo 9 ada usaha pertanian yang diprakarsai anak muda, seperti selada dan juga beberapa kegiatan pertanian lainnya. 

"Ini perlu kita dorong mereka, agar bagaimana mereka bisa sekadar melayani pasar Gemba, tetapi mungkin juga bisa sampai ke pasar di Kota Ambon. Ini memang potensi yang sangat besar, karena lahan d sini yang masih sangat luas," pungkasnya

Editor : Redaksi