BERITABETA.COM – Dari tampilannya tanaman ini tak asing lagi bagi semua orang. Apalagi bagi masyarakat yang menetap di kawasan pedesesaan. Takokak atau terung pipit (Solanum torvum Sw) begitu sebutannya. Keberadaan tanaman sering dianggap sebagai tumbuhan liar, karena tumbuh liar dan dianggap sebagai gulma pengganggu tanaman.

Ternyata Takokak, bukan tumbuhan liar yang tidak punya manfaat. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak dimanfaatkan untuk menyebuhkan sejumlah penaykit. Faktanya, daun pokak efektif meredakan asam lambung bahkan asam urat hingga diabetes.  

Dikutip dari sehatq.com hampir semua  bagian tumbuhan Takokak menjadi sumber obat herbal yang sangat ampuh. Selian daun,   buah takokak untuk kesehatan cukup banyak, seperti mengobati diabetes hingga mencegah kanker.

Namun, konsumsi takokak secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping, seperti sakit perut, hingga pusing. Manfaat takokak untuk kesehatan begitu banyak. Takokak berasal dari kawasan Amerika Selatan ini diyakini dapat mengobati berbagai macam penyakit, seperti stroke, penyakit jantung, asam urat hingga kanker.

Takokak adalah tanaman belukar berbunga yang memiliki buah kehijauan menyerupai kacang polong.  Di Indonesia, takokak mudah ditemukan dan sering dikonsumsi sebagai lalapan karena memiliki sifat pahit yang khas.

Kandungan nutrisi buah takokak

Selain mengandung antioksidan, protein, karbohidrat, air dan serat, buah takokak yang kaya manfaat juga mengandung sejumlah nutrisi, antara lain:

Zat besi: 76,86 miligram/kilogram

Mangan: 19,46 miligram/kilogram

Kalsium: 221,58 miligram/kilogram

Zinc: 21,46 miligram/kilogram

Vitamin A: 0.078 miligram / 100 gram

Vitamin C: 2,68 miligram / 100 gram

Buah takokak memiliki ukuran sekitar 1-1,5 cm, menyerupai leunca yang kerap disajikan sebagai lalapan. Di Indonesia, buah dengan cita rasa pahit ini kerap ditemukan terselip di antara semak belukar.

Siapa sangka, meski dibudidayakan dalam skala kecil dan kerap ditemukan di tempat yang tak lazim, manfaat buah takokak untuk kesehatan begitu banyak. Berikut khasiat buah takokak:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan dalam buah takokak bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Takokak memiliki senyawa antiradang yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan.

Jika Anda terkena flu, buah yang satu ini juga bisa menjadi solusi. Buah takokak juga bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan flu, serta membersihkan lendir penyebab asma dan radang paru-paru.