BERITABETA.COM -  Sebuah peristiwa sadis terjadi di atas kereta ekspres Keio menuju Shinjuku, Jepang, salah satu stasiun kereta tersibuk di dunia, sekitar pukul 20.00 waktu setempat pada Minggu (31/10/2021).

Seorang pria menikam belasan penumpang di atas kereta tersebut. Pria yang sudah diamankan aparat keamanan itu diketahui menjalankan aksinya dengan mengenakan kostum figur fiksi Joker dari film Batman.

Kepolisian Jepang menuturkan setidaknya 17 orang terluka akibat kejadian itu.  Selain menikam para penumpang kereta, sejumlah saksi mata melihat pria berusia 24 tahun itu menyiram sejumlah sudut kereta dan menyalakan api.

Sebuah video yang diunggah ke Twitter menunjukkan orang-orang berlarian dari gerbong kereta dan tak lama api menyala.

Dikutip Reuters, video lainnya menunjukkan penumpang bergegas keluar dari jendela kereta dan ke peron tempat kereta berhenti darurat.

"Saya pikir itu adalah aksi Halloween," kata seorang saksi mata kepada surat kabar Yomiuri.

"Lalu saya melihat seorang pria berjalan ke arah sini, perlahan-lahan mengayunkan pisau panjang dengan darah," paparnya menambahkan.

Video lain menunjukkan seorang pria berkacamata mengenakan setelan ungu dan kemeja hijau cerah, seperti dikenakan oleh Joker, duduk di kereta kosong sambil mengisap rokok.

Pria itu tampak tenang menghisap rokok sambil menyilangkan kakinya. Sebuah rekaman gambar lainnya menunjukkan sang pria dikelilingi polisi setelah berhasil ditangkap.

Media lokal kemudian melaporkan bahwa tersangka mengaku "ingin membunuh orang".

Dengan klaim tersebut, sang tersangka bisa dijatuhi hukuman mati. Kejahatan kriminal jarang terjadi di Jepang. Namun, beberapa bulan terakhir, insiden kekerasan sempat terjadi di Jepang, terutama di stasiun komuter Tokyo.

Jepang juga memiliki undang-undang senjata yang ketat, tetapi terkadang sejumlah kejahatan kekerasan melibatkan senjata lain seperti pisau dan cairan asam.

Pada Agustus lalu, sembilan orang terluka setelah ditusuk oleh pria tak dikenal di kereta komuter Tokyo. Tersangka akhirnya menyerahkan diri setelah sempat lari dari tempat kejadian.

Dalam insiden terpisah di bulan yang sama, dua orang menderita luka bakar dalam serangan cairan asam di stasiun kereta bawah tanah Tokyo.

Pada 2019, seorang pria membunuh dua orang termasuk seorang siswi dan melukai belasan orang dalam serangan yang menargetkan anak-anak saat mereka menunggu bus.

Pada 2018, seorang pria ditangkap di Jepang tengah setelah menikam satu orang hingga tewas dan melukai dua lainnya di dalam kereta peluru (*)

Sumber : CNNindonesia