BERITABETA.COM - Sepak bola Indonesia makin mendapat pengakuan dunia. Generasi bola Indonesia kekinian makin digandrungi klub-klub Eropa dan Asia.

Selain Asnawi Mangkualam yang merumput di Liga Korea Selatan (K-League 2) bersma klub Ansan Greeners, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaimn di klub  FK Senica Liga Slovakia, kini satu nama lagi yang peling menghebohkan adalah Pratama Arhan.

Kehadiran bek muda asal PSIS Semarang ini di klub Tokyo Verdy  bahkan menjadi sorotan media Jepang. Arhan membuat heboh, media Jepang menyebut kehadirannya melebihi Chanathip Songkrasin (Thailand) hingga Andres Iniesta (Spanyol).

Kehadiran  Pratama Arhan di Tokyo Verdy juga memberikan dampak positif. Tim kasta kedua Liga Jepang itu, membuka pintu bagi para pemain muda Indonesia untuk berkarier di Negeri Sakura.

Seperti yang diketahui, Pratama Arhan resmi berseragam Tokyo Verdy usai dibajak dari PSIS Semarang. Kualitas Arhan membuat Tokyo Verdy terpincut hingga memberikan kontrak dua musim bagi Pratama Arhan.

Berkaitan dengan itu, Direktur Bisnis Tokyo Verdy, Yuta Saito, melihat ada potensi bagi anak-anak muda Indonesia untuk kembangkan karier di Jepang.

Sebab, Tokyo Verdy sendiri besar kemungkinan akan merekrut pemain muda asal Indonesia lagi setelah mendatangkan Pratama Arhan.

“Saya merasa bahwa level sepakbola di Indonesia telah meningkat pesat. Jadi kami merasa ingin mencari kesempatan baru buat pemain Indonesia,” kata Yuta Saito di Youtube Tokyo Verdy, dilansri pada Rabu (23/2/2022).

Sejak Tokyo  Verdy mengumumkan transfer Arhan dari PSIS Semarang, kehebohan langsung melanda persepakbolaan Jepang. Verdy mendadak melesat memuncaki daftar klub Jepang dengan pengikut instagram terbanyak.

Tak tanggung-tanggung, Verdy sukses melampaui juara bertahan J1 League, Kawasaki Frontale yang baru mendatangkan bintang timnas Thailand, Chanathip Songkrasin. Dalam sebulan terakhir, Frontale hanya meraup sekitar 15.000 pengikut baru hingga kini memiliki total 161.039.