BERITABETA.COM – Performa Timnas Indonesia pada laga persahabatan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina di GBK Senayan Jakarta, Senin (19/6/2023) menjadi sorotan publik dunia.

Meski menelan kekalahan 2:0 atas Argantina, namun tampilan Asnawi Mangkualam Cs, mendapat pujian atas penampilan apik yang ditunjukan pada laga itu.

Salah satu yang menjadi sorotan dalam laga itu adalah aksi bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan yang tampil memukau dengan lemparan bola ke arah gawang lawan.

Arhan yang tampil sebagai pemain pengganti saat laga itu bahkan menjadi topik hangat yang diulas media asal Argentina La Nacion.

Media asal Argentina langsung memberikan julukan baru untuk pemain yang membela Tokyo Verdy tersebut.

Pesepak bola kelahiran Blora, 21 Desember 2001 itu dijuluki sebagai El Loco de los Laterales dalam bahasa Spanyol. Julukan tersebut berarti "Orang Gila di Tepi Lapangan".

Dalam tampilan muka laman La Nacion, Pratama Arhan disebut sebagai orang yang paling ditakuti para pemain bertahan Argentina.

"'Orang gila di tepi lapangan', pemain Indonesia yang merepotkan Argentina dengan lemparan ke dalamnya yang sangat spesial," tulis La Nacion.

Julukan tersebut lahir karena aksi-aksinya dalam meneror pertahanan Argentina melalui lemparan ke dalam jauhnya.

 

Potongan gambar dari website La Nacion untuk berita Pratama Arhan

 

Beberapa kali lemparan ke dalam jauh tersebut sukses membuahkan peluang berbahaya untuk Timnas Indonesia.

Momen terbaik lahir pada menit ke-52 saat lemparan Pratama Arhan tepat mendarat ke kepala Elkan Baggott.

Sayang tandukan Elkan Baggott masih bisa diselamatkan dengan gemilang oleh kiper Argentina, Emiliano Martinez.

Pemilik nama lengkap Pratama Arhan Alif Rifai menunjukkan kemampuan spesialisnya yakni lemparan ke dalam yang bisa menjangkau hingga area penalti lawan di laga tersebut.

Kemampuan tersebut cukup sukses karena dari lemparannya tersebut hampir selalu terjadi kemelut di area penalti Argentina. Penjaga gawang Emiliano Martinez harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.